Kebakaran di TPA Rawa Kucing, Dinsos Buka Dapur Umum

bantenpro.id

bantenpro.id – Dinas Sosial (Dinsos) Kota Tangerang mendirikan dapur umum menyusul bencana kebakaran di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Rawa Kucing. Dapur umum didirikan untuk memenuhi kebutuhan makanan petugas pemadam kebakaran dan para pengungsi yang terdampak kebakaran.

Kepala Dinas Sosial Kota Tangerang Mulyani menjelaskan, petugas di dapur umum terdiri dari pegawai dinsos, tim Tagana dan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM). Setiap harinya, dapur umum ini memproduksi hingga 2.000 nasi bungkus yang kemudian didistribusikan kepada pengungsi dan para petugas yang berjuang untuk memadamkan api di TPA Rawa Kucing.

Makanan ini tidak hanya mencukupi kebutuhan mereka, tetapi juga menawarkan variasi menu yang berbeda untuk setiap waktu makan pagi, siang, dan sore.

“Pagi, siang dan sore pendistribusiannya, rata-rata per hari sekitar hampir dua ribu bungkus,” tutur Mulyani kepada bantenpro.id, Senin, 23 Oktober 2023.

Mulyani menjelaskan bahwa sumber bahan baku untuk dapur umum ini berasal dari anggaran Dinas Sosial. Selain itu, bantuan logistik juga diterima dari Organ Perangkat Daerah (OPD) lain, serta sumbangan dari masyarakat yang ingin berkontribusi dalam upaya kemanusiaan ini.

Tidak hanya menyediakan nasi bungkus, dapur umum Dinas Sosial juga memastikan pengadaan kebutuhan khusus bagi warga yang membutuhkannya, seperti lansia dan anak-anak di bawah usia lima tahun. Makanan seperti biskuit dan susu disediakan dengan baik.

“Ada beberapa yang khusus untuk lansia dan anak-anak itu seperti biskuit dan susu,” paparnya.

Mulyani menegaskan bahwa dapur umum Dinsos akan terus beroperasi dan siap siaga untuk memenuhi kebutuhan makanan para petugas dan pengungsi sampai situasi darurat kebakaran di TPA Rawa Kucing ini berakhir

“Kami akan terus memenuhi kebutuhan pengungsi dan petugas sampai nanti kondisinya kembali kondusif,” ujar Mulyani. (adv)




Tinggalkan Balasan