oleh

Dinsos Siapkan Tukang Cukur Online untuk Aplikasi D’Kapster

BANTENPRO.ID, TANGERANG – Dinas Sosial Kota Tangerang menyiapkan tenaga-tenaga terampil pemangkas rambut untuk aplikasi D’Kapster Barbershop. Calon pemangkas rambut ini dilatih sebelum diterjunkan menjadi tukang cukur terampil pada aplikasi potong rambut online tersebut.

Pelatihan pangkas rambut ini diselenggarakan sejak Senin (15/11/2020) dan telah berakhir Rabu (18/11/2020).

Kepala Dinas Sosial Kota Tangerang Suli Rosadi menjelaskan bahwa pelatihan pangkas rambut ini merupakan bagian program Kampung Sejahtera Mandiri. Pesertanya berjumlah 15 orang dari tiga kampung di Kota Tangerang.

“Satu kampung itu memiliki kuota 5 orang untuk mengikuti program ini. Yang sudah ada pelatihan yaitu Kampung Anggur, Kampung Mangga, dan Perumahan Pondok Arum,” ujar Suli Rosadi.

Setelah lulus pelatihan, peserta akan langsung disalurkan ke D’Kapster Barbershop. Ini adalah aplikasi online untuk memudahkan pelanggan memesan pemangkas rambut yang akan langsung mendatangi di manapun pelanggannya berada.

“Jadi begini, kegiatan yang kami lakukan adalah kegiatan untuk memberikan lapangan pekerjaan. Selama ini kan hanya pelatihan-pelatihan saja, tapi setelah itu tidak disalurkan ke lapangan pekerjaan. Nah yang ini, nanti para peserta akan disalurkan ke DKapster Barbershop,” ujar Suli Rosadi.

Pelatihan ini ditujukan kepada warga yang tidak memiliki pekerjaan dan tidak ada batasan usia.

“Tidak ada batasan umur, yang pasti orang tersebut juga tidak memiliki pekerjaan,” ujar Suli.

Tujuan Dinas Sosial Kota Tangerang melaksanakan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan para peserta. Suli berharap ke depannya, para peserta dapat mandiri dalam menciptakan lapangan kerja.

“Dengan dilatih seperti ini mudah-mudahan akan berkembang, mungkin ke depannya bisa membuat aplikasi tukang cukur panggilan sendiri,” ujar Suli.

Dia menambahkan pelatihan semacam ini tidak akan hanya dijalankan di tahun 2020 saja. Tapi ada kemungkinan juga akan dilaksanakan di tahun-tahun berikutnya. (mst/bpro)