oleh

Kasus Covid-19 Capai 3.042, Warga Dianjurkan Tak Lagi Isolasi di Rumah

BANTENPRO.ID, TANGERANG – Penambahan kasus Covid-19 terjadi hampir setiap harinya. Di Kota Tangerang misalnya, terkonfirmasi sampai hari ini sudah 3.042 kasus Covid-19 terjadi.

Angka kasus Covid-19 di Kota Tangerang ini bisa diakses melalui infocorona.bantenprov.go.id.

Penambahan kasus tersebar di setiap wilayah, salah satunya di Kelurahan Gebang Raya, Kecamatan Periuk, Kota Tangerang

Lurah Gebang Raya M Nasih mengatakan, dengan tingginya angka kasus Covid-19 ini, pihaknya melakukan pengetatan protokol kesehatan. Dia mengimbau warganya apabila terkena Covid-19 untuk segera melapor kepada pihak terkait.

“Kami sudah menjalankan protokol kesehatan sesuai anjuran. Dan betul ada lonjakan kasus baru di minggu-minggu ini. Kami sudah memberitahukan kepada RT dan RW untuk berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, misalnya puskesmas agar melakukan isolasi mandiri,” ujar Nasih saat ditemui bantenpro.id di ruang kerjanya, Jumat (04/12/2020).

Nasih menganjurkan kepada warganya yang terjangkit Covid-19 untuk tidak lagi melakukan isolasi mandiri di rumah. Melainkan isolasi di fasilitas-fasilitas kesehatan.

“Kami menganjurkan kepada warga untuk tidak lagi melakukan isolasi di rumah, tapi kita menganjurkan untuk isolasi di puskesmas atau rumah sakit,” ujar Nasih.

Langkah preventif yang sampai sekarang masih dilakukan di wilayah Kelurahan Gebang Raya yaitu melakukan imbauan-imbauan ke masyarakat bersama camat, kepolisian sektor dan komando rayon militer.

“Tidak hanya saat ada penambahan kasus, kami rutin mrlakukan dengan wawaran ke masyarakat bersama tiga pilar, kemudian kami juga memberitahukan melalui media sosial yaitu di grup WhatsApp warga, RT dan Satgas Covid,” ujar Nasih.

Tingkat kesadaran akan protokol kesehatan masyarakat di sekitar wilayah Kelurahan Gebang Raya dinilai sudah bagus walaupun masih ada beberapa warga yang abai terhadap protokol kesehatan.

“Masker pun rata rata mereka sudah punya dan kami sudah membagikan sekitar ribuan masker, hanya memang ada sedikit yang masih abai,” katanya.

Kepala Unit Pelaksanaan Teknis Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemadam Kebakaran Periuk Syahrial mengatakan, ada 4 kelurahan di wilayah kerjanya yang terjangkit Covid-19.

“Sejak tanggal 3 Desember kami mendapat data dan informasi bahwa di wilayah kerja BPBD Periuk terdapat empat kelurahan yang terjangkit,” kata Syahrial yang ditemui bantenpro.id saat mendampingi anggotanya melakukan penyemprotan disinfektan di RW 08 Gebang Raya, Jumat (04/12/2020).

Dia menjelaskan, empat kelurahan itu terdapat di Kecamatan Periuk dan Kecamatan Jatiuwung. Antara lain Kelurahan Gebang Raya, Kelurahan Periuk, Kelurahan Keroncong dan Kelurahan Alam Jaya.

Dalam menyikapi lonjakan kasus ini BPBD Damkar Periuk melakukan penyemprotan disinfektan di empat kelurahan yang terdampak Covid-19.

“Upaya masif yang kami lakukan adalah melakukan penyemprotan disinfektan, dan sudah dilakukan penyemprotan di dua RW di Kelurahan Keroncong yaitu RW 03 dan RW 07 sebanyak 22 RT,” ujar Syahrial.

Menurutnya, upaya masif yang dilakukan UPT BPBD Damkar ini bukan hanya pada saat adanya penambahan kasus saja. Melainkan sudah dilakukan secara rutin. (mst/bpro)