oleh

Positif Covid-19, Ketua KPU Tangsel Isolasi di Rumah Sakit

BANTENPRO.ID, TANGERANG – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Bambang Dwitoro dinyatakan positif Covid-19. Bambang saat ini tengah menjalani isolasi dan perawatan di Rumah Sakit Sari Asih Ciputat.

Kabar terkait kondisi terkini Bambang itu disampaikan komisioner KPU Kota Tangsel M Taufik MZ, seperti diberitakan Kompas.com, Jumat (11/12/2020). Taufik menerangkan, Bambang diketahui positif setelah hasil tes usapnya keluar pada Sabtu (5/12/2020) malam.

Sejak itu, Bambang disebut menjalani isolasi mandiri. Kendati demikian, Taufik tak membeberkan dugaan terkait di mana dan kapan Bambang tertular Covid-19.

“Kami secara terbuka menyampaikan Ketua KPU Kota Tangsel Bambang Dwitoro positif Covid-19. Sampai hari ini ketua menjalankan isolasi mandiri dan perawatan di Rumah Sakit Sari Asih,” kata Taufik melalui keterangan suara.

Bambang terakhir kali muncul di depan publik saat turut mengawal kedatangan 1 juta lembar surat suara di gudang KPU Kota Tangsel pada Selasa (24/11/2020). Setelah itu, Bambang tidak pernah muncul lagi di depan publik, termasuk saat Pilkada Tangsel digelar pada 9 Desember 2020. Posisi Ketua KPU saat pilkada berlangsung digantikan Taufik yang didapuk sebagai Pelaksana Harian Ketua KPU Tangsel.

Taufik menambahkan, langkah-langkah prefentif telah dilakukan, termasuk menyemprot Kantor KPU Kota Tangsel dengan cairan disinfektan. Tindakan itu sudah dua kali dilakukan, termasuk penyemprotan terakhir pada hari ini.

“Nanti kami akan lakukan swab ulang atau swab lanjutan secara keseluruhan. Mudah-mudahan Senin atau Selasa kami laksanakan swab ulang di seluruh jajaran KPU Tangsel,” kata Taufik.

Meski Bambang tengah menjalani perawatan akibat tertular Covid-19, Taufik mengklaim kegiatan Pilkada Kota Tangsel tetap berjalan normal. Saat ini KPU Kota Tangsel tengah melaksanakan dan memantau pelaksanaan rekapitulasi suara di tingkat kecamatan.

Selain itu, KPU Tangsel juga tengah bersiap melaksanakan pemungutan suara ulang di tiga tempat pemungutan suara (TPS). Tiga TPS yang dimaksud adalah TPS 15 Kelurahan Pamulang Timur, TPS 49 Kelurahan Cempaka Putih, dan TPS 30 Kelurahan Rengas.

“Logistik dan sebagainya semua berjalan dengan baik. Kami, kan, kolektif kolegial. Pimpinan KPU Tangsel secara keseluruhan siap melaksanakan tugas-tugas dan amanah sampai pada tataran akhir Pilkada Tangsel 2020,” ujarnya.

Bambang menjadi komisioner KPU Kota Tangsel kedua yang tertular Covid-19. Sebelumnya komisioner KPU Tangsel, Mudjahid Zein, juga dirawat dan menjalani isolasi mandiri akibat positif Covid-19 pada pertengahan September 2020.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel Deden Deni menyatakan belum mengetahui ihwal Bambang yang dinyatakan positif Covid-19. Kendati demikian, Deden akan menelusuri informasi tersebut terlebih dulu.

“Masih saya cek. Semisal benar, tentunya langkah-langkah lanjutan akan dilakukan dinas kesehatan. Misalnya, penyemprotan disinfektan di kantor dan penelusuran kontak,” kata Deden. (bpro)

Sumber: kompas.com