oleh

Bandel dan Mulai Lupa Bahaya Covid-19, Karyawan Pabrik Berkerumun Sambil Makan Siang

BANTENPRO.ID, TANGERANG – Seolah sudah mulai lupa untuk mematuhi protokol kesehatan Covid-19, banyak orang yang masih berkerumun dan terlihat keramaian di muka umum.

Seperti hasil pantauan bantenpro.id Rabu (23/12/2020) siang. Kerumunan orang terlihat di depan sebuah pabrik di Jalan Kasir 2, Kelurahan Pasir Jaya, Kecamatan Jatiuwung, Kota Tangerang. Mereka memadati beberapa warung makan dan penjual makanan.

Jumlahnya tak terhitung. Bisa jadi ada ratusan orang. Meski terlihat memakai masker, orang-orang yang berkerumun itu tidak menjaga jarak satu sama lain. Sejumlah orang yang ditanya mengaku mereka adalah karyawan pabrik di pinggir jalan tersebut.

Orang-orang yang memadati warung dan penjual makanan itu keluar dari gerbang pabrik di saat jam istirahat makan siang.

Sebagian dari mereka ada yang makan langsung di tempat tanpa memperhatikan protokol kesehatan dengan menjaga jarak. Sebagian lagi menyantap makanannya sambil bergerombol di pinggir jalan.

Tetapi ada juga yang tidak ikut bergerombol dan memilih makanannya dibungkus kemudian berkumpul di halaman pabrik di bawah pohon. Tetap saja, mereka akhirnya berkerumun di sana. Pemandangan ini terlihat jelas dari luar pabrik karena saat jam istirahat pintu pabrik terbuka lebar.

bantenpro.id mencoba meminta tanggapan terjadinya kerumunan pada jam istirahat ini kepada manajemen pabrik melalui nomor telepon yang diperoleh. Namun saat dihubungi, tidak ada jawaban dari nomor telepon yang dituju meski terdengar nada sambung. Dikirim pesan lewat WhatsApp pun tidak ada tanggapan meski menunjukkan status online dan centang biru.

Menurut seorang pengguna jalan yang setiap hari melintas di Jalan Kasir 2, kerumunan karyawan di depan pabrik bukan baru kali ini terlihat. Kondisi tersebut sudah berlangsung sejak lama, sebelum pandemi Covid-19.

“Sudah lama mas begini, ini bukan sekarang saja, sebelum pandemi Covid-19 juga sudah tiap hari terlihat begitu,” kata pengguna jalan yang menolak namanya ditulis.

Sementara, Sekretaris Camat Jatiuwung Maulana A Damanik saat dihubungi bantenpro.id mengaku pihaknya belum mengetahui perihal kerumunan di depan pabrik Jalan Kasir 2 Kelurahan Pasir Jaya tersebut.

Namun, dia mengatakan pihak kecamatan sudah gencar melakukan razia dan penertiban protokol kesehatan di wilayah kerjanya.

“Pihak kecamatan melalui Seksi Tramtib sudah secara masif melakukan sosialisasi dan berkoordinasi dengan setiap pabrik yang ada di wilayah Kecamatan Jatiuwung. Tapi untuk kejadian di Jalan Kasir 2 ini saya baru mendengarnya dan akan saya tindaklanjuti segera hari ini juga,” ujar Maulana kepada bantenpro.id.

Beberapa jam kemudian, Maulana mengatakan informasi soal kerumunan karyawan pabrik di Jalan Kasir 2 sudah ditindaklanjuti oleh pihaknya.

“Informasi dari lapangan saat ini tidak ada kerumunan, mungkin (ada) saat tadi makan siang, tapi sudah disampaikan ke sekuriti dan manajemen untuk mengarahkan kembali karyawannya untuk tetap menerapkan protokol kesehatan,” ujar Maulana. (mst/bpro)