Menu

Mode Gelap

Daerah · 29 Des 2020 14:12 WIB

Tanggul Kali Cadas Jebol, Situ Bulakan Terancam Meluap


 Tanggul Kali Cadas Jebol, Situ Bulakan Terancam Meluap Perbesar

BANTENPRO.ID, TANGERANG – Tanggul Kali Cadas di Jembatan Cadas Kabupaten Tangerang jebol sepanjang 7 meter. Jebolnya tanggul ini mengakibatkan air sungai melimpas dan membanjiri areal pesawahan dan kebun di sekitar bantaran kali.

Peristiwa jebolnya tanggul ini terjadi Senin (28/12/2020) setelah wilayah itu diguyur hujan.

Kepala UPT Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Periuk Kota Tangerang Syahrial mengaku khawatir peristiwa jebolnya tanggul di Kali Cadas berdampak ke wilayah Kecamatan Periuk.

Lokasi tanggul jebol merupakan lokasi pertemuan dua sungai yakni Kali Cadas dan Kali Cirarab. Sementara, Kali Cirarab merupakan aliran pembuangan air dari Situ Bulakan Periuk ketika terjadi banjir di wilayah Kecamatan Periuk.

“Bagaimana tidak khawatir, sebab sistem keluaran air dari Situ Bulakan mengalir ke Kali Cirarab, sementara di titik pertemuan Kali Cirarab dengan Kali Cadas mengalami tanggul jebol,” kata Syahrial kepada bantenpro.id, Selasa (29/12/2020).

Menurut Syahrial, pihaknya mengapresiasi gerak cepat jajaran UPTD Pengelolaan Sungai Cidurian Cisadane dengan cara menahan debit air Kali Cadas agar tidak membahayakan di lokasi tanggul jebol. Tetapi menurutnya, upaya ini tidak bisa diandalkan jika di wilayah Kecamatan Periuk tiba- tiba terjadi hujan deras.

“Air Situ Bulakan tidak dapat mengalir ke Kali Cirarab akibat air di lokasi tanggul jebol dilimpahkan ke sungai yang sama yakni Cirarab. Kami pastikan Kali Cirarab tidak mampu menampung beban air, yang pada gilirannya air akan berbalik ke Situ Bulakan, ini yang menjadi kekhawatiran kami,” jelas Syahrial.

Baca Juga :  Peralatan Penanggulangan Bencana Disiagakan, Lokasi Pengungsian Ditambah

Hari ini Syahrial sudah mencoba berkoordinasi dengan jajaran UPTD Pengelola sungai Cidurian dan Cisadane di Pintu Air Sepuluh Kota Tangerang. Tetapi menurutnya, Kepala UPTD Pengelola sungai Cidurian – Cisadane Suwarno beserta kepala seksinya sedang dinas luar kota. Sehingga solusi penanganan untuk meminimalisir dampak yang dikhawatirkan akibat jebolnya tanggul Kali Cadas belum didapatkan.

“Semoga alam masih bersahabat dengan kita sehingga kenyamanan warga Kecamatan Periuk untuk saat ini masih terjaga. Yah semoga saja cuaca hari ini dan besok masih cerah, tidak terjadi hujan lebat, tapi saya berharap jebol tanggul sepanjang 7 meter ini cepat diperbaiki,” harap Syahrial. (mst/bpro)

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

Dishub Kota Tangerang Akui Belum Maksimal Tegakkan Perwal Jam Operasi Truk Tanah

8 Maret 2024 - 21:25 WIB

Mahasiswa Demo Dishub Kota Tangerang soal Operasional Truk Tanah

8 Maret 2024 - 15:16 WIB

Acara Sosialisasi Undian Gratis Berhadiah Dinsos Dianggap Tak Ramah Difabel

7 Maret 2024 - 20:38 WIB

Panduan Undian Berhadiah dan Pengumpulan Dana, Ini Aturan dan Syaratnya

7 Maret 2024 - 20:30 WIB

KPU Kota Tangerang Akhiri Drama Rekapitulasi Suara Pemilu 2024

7 Maret 2024 - 17:03 WIB

Samsat Kalong: Layanan Pajak Inovatif Selama Ramadan di Kota Tangerang

7 Maret 2024 - 15:53 WIB

Trending di Daerah