oleh

PKS Bidik Pilkada Banten Usai Menang di 3 Daerah

BANTENPRO.ID, SERANG – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Banten membidik Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten tahun 2022 pascakemenangan di tiga daerah pada Pilkada Serentak 2020 di Banten.

Tiga calon kepala daerah yang diusung partai besutan Ahmad Syaikhu menang yakni Irna Narulita-Tanto W Arban di Kabupaten Pandeglang, Ratu Tatu Chasanah-Pandji Tirtaya di Serang, dan Helldy Agustian-Sanuji Pentamarta di Kota Cilegon.

Kemenangan di tiga daerah tersebut menjadi modal PKS dengan menyiapkan kader terbaiknya pada kontestasi Pilkada Banten 2022.

“Kami di PKS itu melakukan penyiapan untuk kader kami disiapkan di mana saja termasuk memimpin daerah (Banten). Sehingga nanti siapapun yang ditunjuk oleh partai akan siap untuk berlaga di pemilihan gubernur,” kata Ketua DPW PKS Banten Gembong R Sumedi seperti dikutip bantenpro.id dari Kompas.com, Minggu (03/01/2021).

Menurut Gembong, semangat untuk mengusung kader internal dalam setiap perhelatan Pilkada merupakan amanah dari Presiden PKS pada Musyawarah Wilayah 2020. Sampai saat ini, kader yang sedang dipersiapakn untuk maju pada perhelatan Pilkada Banten masih dalam proses pembahasan di internal.

Namun, kata Gembong, pada Pilkada Banten nanti PKS akan berkoalisi dengan partai lainnya untuk membangun Banten bersama-sama. Sebab, jumlah kursi di DPRD Banten PKS hanya 15 persen atau 15 kursi.

“Dengan siapa nanti berkoalisi, kita masih melihat situasi perkembangan yang ada. Karena masih ada waktu untuk membangun komunikasi politik,” ujarnya.

Gembong menegaskan, PKS siap berkolaborasi untuk melahirkan pemimpin Banten yang dapat menyejahterakan masyarakat Banten.

Ketua Majelis Pertimbangan Wilayah (MPS) PKS Banten Sudarman menambahkan, partainya memiliki kader yang mumpuni untuk diusung maju pada Pilkada Banten.

“Karena stok kepemimpinan di PKS sudah banyak. Tapi saya pernah berpikir kalau Banten belum ada (calon). Kita akan turunkan dari pusat, tokoh PKS nasional kita akan turunkan untuk menjadi Gubernur Banten atau Wakil Gubernur Banten,” kata Sudarman. (bpro)

Sumber: kompas.com