oleh

Perang Melawan Covid-19, Pasar di Kota Tangerang Rutin Disemprot Disinfektan

BANTENPRO.ID, TANGERANG – Genderang perang melawan Covid-19 terus ditabuh di Kota Tangerang. Berbagai upaya dilakukan untuk mencegah dan memutus penyebaran virus corona tersebut. Salah satunya dengan sterilisasi pasar.

Sterilisasi pasar dilakukan dengan menyemprotkan disinfektan di area pasar. Kegiatan tersebut sudah berlangsung sejak 22 Desember 2020 dan dilaksanakan oleh PD Pasar Kota Tangerang bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Sudah 10 pasar yang dikelola PD Pasar telah disemprot.

“Karena pasar adalah tempat transaksi jual beli antara pengunjung dan pedagang, jadi itu bentuk antisipasi kami. Alhamdulillah di pasar-pasar kita aman dengan tetap menerapkan protokol kesehatan 4M,” ujar Direktur PD Pasar Kota Tangerang Titien Mulyati kepada bantenpro.id saat dihubungi melalui ponselnya, Jumat (08/01/2021).

Hari ini, giliran Pasar Lingkungan Grand Duta di Kelurahan Gebang Raya, Kecamatan Periuk yang disemprot. Pasar ini merupakan pasar ke-10 yang disemprot cairan disinfektan oleh petugas BPBD. Penyemprotan dilakukan saat kondisi pasar sedang sepi.

Dengan menggunakan alat pelindung diri (APD), petugas BPBD dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemadam Kebakaran (Damkar) Periuk menyisir ke seluruh bagian pasar.

Menurut Titien kegiatan penyemprotan disinfektan di setiap pasar yang dikelola PD Pasar ini bertujuan untuk memutus penyebaran Covid-19.

Selain Pasar Lingkungan Grand Duta, pasar lainnya yang telah disemprot antara lain Pasar Cibodas, Pasar Gerendeng, Pasar Anyar, Pasar Malabar, Pasar Ramadhani, Pasar Bandeng, Pasar Jatake, Pasar Poris Indah dan Pasar Laris Cibodas.

Kepala UPT BPBD Damkar Periuk Syahrial ketika mendampingi anggotanya melakukan penyemprotan menjelaskan walaupun jadwal penyemprotan disinfektan dari PD Pasar ini adalah titik yang terakhir, tapi kegiatan penyemprotan akan terus dilaksanakan.

“Penyemprotan disinfektan akan rutin dilakukan dan akan ditingkatkan seiring arahan dari Bapak Wali Kota Tangerang . Sesuai jadwal yang kami terima, memang sudah habis untuk titik-titik yang diminta PD Pasar Kota Tangerang, tapi ini bukan yang terakhir,” kata Syahrial kepada bantenpro.id.

Menurut Syahrial, pihaknya akan terus melakukan sterilisasi lokasi yang menjadi pusat keramaian warga. Apalagi saat ini akan menghadapi masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang merupakan instruksi dari pemerintah.

“Skema penyemprotan disinfektan di lingkungan pasar nantinya tetap dilakukan di saat situasi pasar sedang sepi dari pengunjung.  Sekitar jam satu siang, hal ini kami lakukan agar setelah disemprot, tempat berjualan sudah steril kembali sehingga saat pedagang akan memulai aktivitas besok paginya sudah aman. Ini akan terus kami laksanakan,” ujar Syahrial. (mst/bpro)