oleh

Antre di Sekolah, Warga Tanah Tinggi Cairkan Bansos Tunai Rp300.000

BANTENPRO.ID, TANGERANG – Sebanyak 31.811 keluarga di Kota Tangerang telah menerima bantuan sosial (bansos) tunai dari pemerintah. Mereka adalah warga yang mendapat giliran jadwal di hari pertama penyaluran bansos berupa uang Rp300 ribu di Kota Tangerang, Sabtu (09/01/2021).

Sebanyak 31.811 keluarga penerima manfaat (KPM) ini berasal dari 14 kelurahan di dua kecamatan, yakni Kecamatan Cibodas dan Kecamatan Tangerang.

Penyaluran bansos tunai dilakukan oleh petugas dari Kantor Pos yang datang ke masing-masing kelurahan. Di Kelurahan Tanah Tinggi, Kecamatan Tangerang, banyak warga penerima bansos yang datang pagi-pagi secara bersamaan. Mereka khawatir tak kebagian. Padahal, masing-masing KPM sudah ada jatahnya masing-masing.

Akibatnya, sempat terjadi kerumunan di beberapa lokasi yang menjadi tempat pembagian bansos tunai. Seperti di SDN Tanah Tinggi 1, SDN Tanah Tinggi 2 dan SDN Tanah Tinggi 3.

Penerima bansos tunai di Kelurahan Tanah Tinggi berjumlah 3.421 KPM. Petugas telah membagi beberapa lokasi untuk penyaluran bansos tunai tersebut.

Lurah Tanah Tinggi Hadi Ismanto mengatakan, kerumunan yang sempat terjadi di halaman sekolah cepat teratasi. Para penerima dengan tertib mengantre, menerapkan protokol kesehatan dan masuk dalam ruang kelas.

“Awal ada kerumunan, selanjutnya bisa diatasi dengan semua masuk ke ruang kelas,” ujar lurah yang akrab disapa Bang Boy ini saat dikonfirmasi bantenpro.id, Sabtu (09/01/2021).

Saat mengatasi kerumunan warga itu para pegawai kelurahan dibantu oleh bintara pembina desa dari Koramil Tangerang, pembina masyarakat dari Polsek Tangerang, Kelompok Sadar Kamtimbas, dan beberapa perangkat RW dan RT setempat. Pimpinan Polsek Tangerang juga ikut memantau jalannya penyaluran bansos tunai ini.

Boy menegaskan pihaknya sudah jauh-jauh hari memberi imbauan kepada warga agar tetap mematuhi protokol kesehatan saat penyaluran bansos tunai.

“Yang jelas kami ingatkan kepada warga agar selalu mematuhi protokol kesehatan. Jika tidak ada yang memakai masker misalnya, kami suruh pulang, karena sebelumnya sudah diberi imbauan,” ujar Boy.

Sementara untuk esok hari, giliran warga dari Kecamatan Pinang, Larangan dan Cipondoh yang mendapat giliran jadwal penyaluran bansos tunai.

Penyaluran bantuan tunai di Kota Tangerang ini akan berlangsung sampai 15 Januari 2021 untuk warga Kecamatan Periuk dan Kecamatan Jatiuwung. Adapun total seluruh KPM yang mendapat bansos tunai Rp300 ribu di Kota Tangerang berjumlah 135.584 KPM. (mst/bpro)