oleh

Hindari Kerumunan, Pencairan Bansos di Panunggangan Utara Digilir

BANTENPRO.ID, TANGERANG – Penyaluran bantuan sosial (bansos) tunai Rp300.000 di Kota Tangerang berlanjut, Minggu (10/01/2021). Hari ini, giliran bansos tunai untuk warga Kecamatan Pinang, Larangan dan Cipondoh yang cair.

Di Kecamatan Pinang, bansos tunai dicairkan untuk 8.744 keluarga penerima manfaat (KPM). Jumlah terbanyak berasal dari Kelurahan Panunggangan Utara sebanyak 1.533 keluarga.

Pantauan bantenpro.id, pencairan bansos tunai dilakukan di dua tempat yaitu di SDN Panunggangan dan SMP Negeri 23 Pinang.

Lurah Panunggangan Utara Warji mengatakan, pencairan di wilayahnya digilir dibagi dua sesi. Yaitu sesi pertama pukul 09.00 sampai pukul 12.00 dan sesi kedua pukul 13.00 sampai 17.00.

Pembagian sesi ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kerumunan saat warga mencairkan bansos tersebut.

“Jadi 1.533 itu dibagi dua lokasi yaitu di SDN Panunggangan dan SMPN 23, dan juga terbagi menjadi dua sesi,” ujar Warji saat ditemui bantenpro.id di SMPN 23 Pinang.

Warji mengakui, penyaluran bansos tunai melalui Kantor Pos ini kurang efektif. Prosesnya lambat sehingga memakan waktu lama.

“Bandingkan dengan bansos provinsi yang pencairannya melalui BJB, menyediakan teller yang banyak. Misalnya untuk melayani 1.000 orang, tellernya 10 orang jadinya cepat selesai. Tapi kalau melalui Kantor Pos untuk melayani 1.000 orang disediakan juru bayarnya cuma 2 pasti memakan waktu yang cukup lama,” ujar Warji.

Warji juga menyarankan agar pemberitahuan atau undangan untuk warga dilakukan dengan renggang waktu yang cukup jauh dari hari yang ditentukan, agar persiapannya lebih matang

“Kalau misalnya waktu pemberitahuan pemberian bansosnya seminggu atau dua minggu sebelumnya, itu kita ngurusin undangannya agak tenang karena kelurahan kan memfasilitasi agar warga merasa nyaman saat datang ke lokasi,” ujar Warji.

Sementara Oding, warga Kampung Sawah Dalam, Kelurahan Panunggangan Utara, mengaku bersyukur karena mendapatkan bantuan ini.

“Alhamdulillah, uangnya bisa buat beli kebutuhan pokok,” ujar pria yang berprofesi sebagai petani ini.

Penyaluran bantuan tunai di Kota Tangerang akan berlangsung sampai 15 Januari 2021 dengan wilayah terakhir untuk bulan ini di Kecamatan Periuk dan Kecamatan Jatiuwung. Adapun total seluruh KPM yang mendapat bansos tunai Rp300 ribu di Kota Tangerang berjumlah 135.584 KPM. (mst/bpro)