oleh

Hari Ini Jokowi Disuntik, Besok Giliran Wali Kota dan Bupati di Banten

BANTENPRO.ID, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapatkan suntikan pertama dari vaksin Covid-19 di Istana Merdeka, Rabu (13/01/2021). Jokowi mendapatkan dosis pertama dari vaksin produksi Sinovac Cina.

Sebelum vaksin disuntikkan, Jokowi melakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu. Pemeriksaan tekanan darah dilakukan untuk memastikan keamanan dalam vaksinasi. Selain pemeriksaan tekanan darah, Jokowi juga mendapat sejumlah pertanyaan terkait dengan penyakit yang diderita seperti jantung, diabetes, dan ginjal.

Kepala Negara Republik Indonesia itu juga mendapatkan kartu tanda vaksinasi. Hal itu untuk diperlihatkan saat pemberian dosis vaksin kedua yakni 14 hari setelah pemberian dosis pertama.

Setelah divaksinasi, Jokowi menuju ke ruang tunggu untuk peninjauan selama 30 menit. Dalam masa 30 menit tersebut akan dilihat bila terdapat Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

“Baru saja saya tadi bersama-sama dengan perwakilan dari bidang kesehatan, perwakilan agama, perwakilan pedagang pasar, perwakilan pengusaha, perwakilan buruh, perwakilan guru, dan dari perwakilan tenaga kesehatan telah melakukan vaksinasi,” ujar Presiden dalam keterangan persnya usai proses vaksinasi dikutip bantenpro.id dari laman resmi setkab.go.id, Rabu (13/01/2021).

Presiden mengungkapkan, setelah sesi perdana hari ini, pelaksanaan vaksinasi akan dilanjutkan di seluruh Indonesia.

“Setelah kita melakukan vaksinasi perdana ini nanti akan terus dilanjutkan vaksinasi di seluruh provinsi, kabupaten, dan kota di seluruh Tanah Air,” ungkapnya.

Pada kesempatan ini, Jokowi kembali menegaskan  bahwa vaksinasi anticovid-19 adalah upaya yang sangat penting untuk keluar dari pandemi Covid-19.

“Vaksinasi Covid-19  ini penting kita lakukan untuk memutus rantai penularan virus corona ini dan memberikan perlindungan kesehatan kepada kita dan keselamatan, keamanan bagi kita semuanya, masyarakat Indonesia, dan membantu percepatan proses pemulihan ekonomi,” ujarnya.

Sejumlah perwakilan dari berbagai latar belakang yang turut serta dalam vaksinasi Covid-19 perdana kali ini adalah Daeng Mohammad Faqih (Ketua Umum PB IDI), Amirsyah Tambunan (Sekjen MUI sekaligus mewakili Muhammadiyah), Ahmad Ngisomudin (Rais Syuriah PBNU), Marsekal Hadi Tjahjanto (Panglima TNI), Jenderal Idham Azis (Kapolri), dan Raffi Ahmad (perwakilan milenial).

Tampak juga Budi Gunadi Sadikin (Menteri Kesehatan), Unifah Rosyidi (Ketua Umum PGRI), Ronald Rischard Tapilatu (Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia), Romo Agustinus Heri Wibowo (Konferensi Waligereja Indonesia), I Nyoman Suarthani (Parisada Hindu Dharma Indonesia), Partono Nyanasuryanadi (Persatuan Umat Buddha Indonesia), dan Peter Lesmana (Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia).

Selain itu, turut pula Penny Kusumastuti Lukito (Kepala BPOM), Rosan Perkasa Roeslani (Ketua Kadin), Ade Zubaidah (Sekjen Ikatan Bidan Indonesia), Harif Fadhillah (Ketua Umum DPP PPNI) Nur Fauzah (perawat), Lusy Noviani (Wasekjen Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia), Agustini Setiyorini (perwakilan buruh), dan Narti (perwakilan pedagang).

Di samping itu, tampak Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof. Wiku Adisasmito dan dr. Reisa Asmo Subroto turut serta mengikuti vaksinasi perdana ini.

Kepala Daerah di Banten Disuntik 14 Januari

Setelah hari pertama vaksin anticovid-19 di Istana Merdeka ini, dijadwalkan Kamis (14/01/2021) pada kepala daerah di Provinsi Banten yang mendapat giliran vaksinasi Covid-19. Rencananya, vaksinasi digelar serentak di Pendopo Bupati Tangerang, Jalan Kisamaun Kota  Tangerang.

Melansir kompas.com, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten dr Ati Pramudji Hastuti memastikan Gubernur Banten Wahidin Halim tidak akan disuntik vaksin buatan Sinovac. Namun, Wahidin akan memantau jalannya vaksinasi yang akan dilakukan kepada seluruh bupati dan wali kota se-Banten bersama dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) tingkat provinsi.

Ati menyebutkan, pimpinan yang akan divaksin petama yakni Ketua DPRD Banten Andra Soni, Kepala Polda Banten Inspektur Jenderal Rudy Heriyanto. Kemudian Komandan Korem 064/MY Brigadir Jenderal TNI Gumuruh Winardjatmiko, Kepala Kejaksaan Tinggi Banten Asep Nana Mulyana.

“Kepala daerah bersama Forkopimda di tingkat provinsi. Ada Ketua DPRD, Kapolda, Danrem, dan Kajati,” ujar Ati.

Pelaksanaan vaksinasi untuk para kepala daerah dan Forkopimda akan digelar di Pendopo Bupati Tangerang, pada Kamis 14 Januari 2021 pukul 09.00 WIB. Untuk pelaksanaan vaksinasi, Dinkes Banten sudah mempersiapkan tim vaksinator terlatih.

Teknisnya, kata Ati, dilokasi vaksinasi akan disiapkan empat meja. Meja pertama yakni pendaftran, kedua skrinning, ketiga vaksinasi, keempat pemantauan.

“Nanti ada 4 meja. Meja satu petugas pendaftaran, meja dua skrining dilakukan oleh dokter specialis, Meja ketiga, meja vaksinasi, meja kempat meja untuk dipantau selama 30 menit apakah ada reaksi,” ujar Ati.

Di meja keempat, dipersiapkan dokter spesialis untuk mengantispasi Kejadian Ikutan Pascaimunisasi (KIPI).

“Didampingi Komdak KIPI beriskan dokter spesialis yang ada untuk memantau apakah ada reaksi,” ucapnya. (bpro)

 

Sumber: Setkab