oleh

Patungan ASN untuk Berbagi di Tengah Pandemi

bantenpro.id, Tangerang –. Mereka serentak patungan untuk membeli bahan kebutuhan pokok untuk dibagikan kepada warga di seluruh kecamatan di Kota Tangerang. Ada banyak cara untuk terus berbuat kebaikan. Apalagi di tengan pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Seperti yang dilakukan aparatur sipil negara (ASN) Pemerintah Kota Tangerang

Hasil patungan terkumpul 6.425 paket bahan kebutuhan pokok. Aksi patungan para pegawai Pemkot Tangerang ini dikemas dalam kegiatan Tangerang Bersedekah.

Bahan kebutuhan pokok yang terkumpul kemudian dibagikan merata di 13 kecamatan, Rabu (27/01/2021). Tangerang Bersedekah juga digelar bertepatan dengan rangkaian menyongsong Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Tangerang ke-28 pada 28 Februari mendatang.

Dalam keterangan persnya, Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, kegiatan Tangerang Bersedekah dilakukan serentak di 13 kecamatan oleh seluruh ASN Pemerintah Kota Tangerang.

“Jadi tiap OPD (organisasi perangkat daerah) menyampaikan paket sembako kepada masyarakat di lokasi yang berbeda-beda,” kata Arief usai menyalurkan paket bantuan kepada masyarakat di Kecamatan Tangerang , Rabu (27/01/2021).

Menurut Arief, Tangerang Bersedekah menjadi refleksi dari jargon yang diusung oleh Pemkot Tangerang dalam memperingati usia Kota Tangerang yang menginjak 28 tahun.

“Slogannya kan semangat dan sehat, jadi Pemerintah Kota Tangerang berupaya hadir untuk bersama dengan masyarakat bersama berjuang hadapi pandemi Covid-19. Salah satu caranya dengan Tangerang Bersedekah ini, dari dana yang dihimpun oleh ASN Pemkot Tangerang,” jelasnya.

Di lokasi berbeda, Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin juga berkesempatan memberikan langsung paket bantuan kepada masyarakat di wilayah Kecamatan Cipondoh dan Neglasari.

“Semoga paket-paket sembako yang diberikan bisa bermanfaat bagi warga,” harap Sachrudin.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Tangerang Deni Koswara menyerahkan bantuan kepada warga.

Penyaluran paket bantuan bahan kebutuhan pokok juga dihadiri masing-masing pimpinan OPD Pemkot Tangerang. Salah satunya Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang  Deni Koswara. Deni hadir di RW 01 Kelurahan Keroncong dan Kelurahan Alam Jaya, Kecamatan Jatiuwung.

“Penyaluran bantuan sembako ini sengaja kami lakukan secara langsung door to door, dari pintu ke pintu kepada penerima manfaat. Ini tujuannya untuk menghindari kerumunan jika dilakukan di satu titik,” kata Deni kepada bantenpro.id.

Untuk mempercepat serta mempermudah penyaluran paket bantuan di kelurahan tersebut, kata Deni, pihaknya dibantu para pekerja sosial masyarakat (PSM) bersama petugas pemadam dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Damkar Periuk dan Pos Keroncong.

“Semoga niat baik pegawai Kota Tangerang ini bermanfaat,” kata Deni.

Salah seorang warga Kelurahan Keroncong, Narti, merasa bersyukur dan terharu usai menerima bantuan paket bahan kebutuhan pokok ini.

“Alhamdulillah, ada bantuan dari pegawai kota, semoga Bapak Wali juga para pegawai selalu diberi kesehatan dan rezeki yang banyak,” kata Narti. (bpro)