oleh

Tak Lagi Debu dan Becek, Rp6 Miliar untuk Alun-alun Kota Tangerang

bantenpro.id, Tangerang – Renovasi Alun-alun Kota Tangerang yang mulai dikerjakan Maret 2020 kini sudah rampung dikerjakan. Wajah baru Alun-alun Kota Tangerang itu diresmikan oleh Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah bersama Direktur Utama Bank Jabar Banten (BJB) Yuddi Renaldi, Jumat (29/01/2021).

Renovasi alun-alun yang juga dikenal dengan nama Lapangan Ahmad Yani ini dibiayai oleh BJB. Anggaran yang dikucurkan sebesar Rp6 miliar, diambil dari dana corporate social responsibility (CSR) BJB.

“Mewakili masyarakat, kami sampaikan terima kasih atas bantuan dalam pembiayaan renovasi. Melalui dana CSR dari Bank Jabar Banten,” kata Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah saat peresmian.

Dana Rp6 miliar itu digunakan untuk mengubah wajah Alun-alun Kota Tangerang seluas 2.645 meter persegi ini menjadi mentereng seperti sekarang. Jogging track terlihat indah mengelilingi lapangan, terbuat dari aspal berlapis bahan karet dengan system bantalan berlapis atau rubber cushion system. Nantinya, tak akan ada lagi masyarakat yang mengeluhkan debu dan becek.

Jogging track dengan 6 lintasan itu semakin terlihat indah dengan warna biru dan kuning sejauh mata memandang. Sementara di bagian tengah lapangan kini dilapisi dengan rumput sintetis. Tak hanya lapangannya, bagian tribun pun dilapisi rumput sintetis.

“Nantinya akan dibangun gedung parkir dan sentra bagi pedagang jadi bisa lebih rapi. Kalau sekarang kan parkir dan akses masuknya masih susah,” kata Arief.

Arief menuturkan renovasi Alun-alun Kota Tangerang ini menjadi salah satu kado dari BJB selaku mitra Pemerintah Kota Tangerang dalam menyambut Hari Ulang Tahun Kota Tangerang ke-28 pada Februari mendatang.

Meski sudah diresmikan, Arief mengatakan Alun-alun Kota Tangerang ini belum bisa digunakan masyarakat mengingat masih dalam situasi pandemi Covid-19.

“Kita doakan bersama agar pandemi Covid-19 bisa segera berlalu dan Alun-alun bisa dinikmati,” kata Arief.

Direktur Utama BJB Yuddy Renaldi mengatakan, renovasi Alun-alun Kota Tangerang ini sebagai bentuk partisipasi BJB dalam pembangunan Kota Tangerang.

“Sebagai dukungan langkah Bapak Wali Kota dalam menggairahkan salah satu ikon Kota Tangerang,” kata Yuddy.

Foto kiri: Alun-alun Kota Tangerang sebelum direnovasi. (Foto. Dadang H/Foursquare). Foto kanan: Alun-alun Kota Tangerang setelah direnovasi.

Acara peresmian juga dihadiri Wakil Wali Kota Sachrudin. Para pejabat ini tiba sekitar pukul 09.40 WIB dengan menumpang angkot Si Benteng.

“Jadi angkot Si Benteng ini kan menggunakan pembayaran nontunai, tadi saya menunjukkan kepada Pak Direktur agar pembayaran nontunai ini bisa disempurnakan supaya bisa lebih memudahkan masyarakat,” ujarnya kepada bantenpro.id.

Sementara Direktur Utama BJB Yuddy Renaldi mengaku pihaknya siap mendukung fasilitas sistem pembayaran angkot Si Benteng.

“Jadi tadi saya datang ke sini (Alun-alun Kota Tangerang) menggunakan angkot disopiri oleh Pak Wali Kota. Jadi kami akan mendukung dari sisi paymentnya. Nanti ke depannya kita menggunakan QR barcode di masing-masing angkot sehingga bisa menjadi optimal,” kata Yuddy. (mst/bpro)