oleh

Ada 15.943 Pasien Sembuh, yang Donor Plasma Baru 120 Orang

bantenpro.id, Tangerang – Permintaan plasma konvalesen sebagai terapi bagi pasien Covid-19 di Kota Tangerang terbilang tinggi. Namun, tingginya permintaan tak diimbangi dengan ketersediaan plasma konvalesen. Pasien yang sembuh dari Covid-19 belum seluruhnya bersedia menjadi donor.

Data yang diterima bantenpro.id dari Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang menunjukkan sampai hari ini masih ada 183 antrean atau permintaan plasma konvalesen dari rumah sakit. Sementara, persediaan yang ada hanya 16 kantong plasma konvalesen.

Kepala Biro Humas PMI Kota Tangerang Ade Kurniawan merinci 183 permintaan plasma konvalesen yang menunggu kiriman terdiri atas golongan darah A sebanyak 62 kantong, golongan darah B sebanyak 48 kantong, golongan darah O sebanyak 51 kantong dan golongan darah AB sebanyak 22 kantong.

Sementara rincian stok yang ada saat ini di UTD PMI Kota Tangerang antara lain golongan darah A sebanyak 4 kantong, golongan darah B sebanyak 11 kantong dan golongan darah O sebanyak 1 kantong. Sedangkan golongan darah AB telah habis dan saat ini belum tersedia di PMI Kota Tangeang.

“Kemungkinan hari ini kita sampaikan kepada rumah sakit yang mengajukan permintaan stok tersebut,” ujarnya dalam keterangan resmi, Sabtu (30/01/2021).

Ade mengakui permintaan plasma konvalesen yang paling banyak saat ini adalah untuk golongan darah A. Tetapi, pendonor yang memiliki golongan darah tersebut sangat sedikit.

“Permintaan golongan darah A dalam seminggu ini tentatif, berkisar 20-30 orang dan mengalami peningkatan sekitar 20 persen dari minggu sebelumnya,” kata Ade.

Sementara sejak Desember 2020 sampai hari ini, secara akumulasi PMI Kota Tangerang telah menyalurkan sebanyak 305 kantong darah plasma konvalesen kepada sejumlah rumah sakit yang menangani pasien Covid-19 untuk membantu proses penyembuhan. Kantong darah tersebut didapat dari 120 orang penyintas Covid-19 yang mendonorkan darahnya sampai tanggal 30 Januari 2021.

Jumlah penyintas Covid-19 yang bersedia mendonorkan darahnya sebanyak 120 orang ini terbilang kecil. Sebab, jumlah pasien Covid-19 yang telah sembuh tercatat sebanyak 15.943 orang. Jumlah ini didapat dari pasien sembuh asal Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan.

Berdasarkan data di laman resmi covid19.tangerangkota.go.id, jumlah pasien sembuh Kota Tangerang sampai hari ini mencapai 5.332 orang. Kemudian di laman resmi covid19.tangerangkab.go.id, tercatat pasien sembuh Kabupaten Tangerang sebanyak 6.001 dan dari situs lawancovid19.tangerangselatankota.go.id, jumlah pasien sembuh Kota Tangerang Selatan per hari ini mencapai 4.610 orang.

Perlu diketahui, selain penyintas Covid-19 asal Kota Tangerang, UDD PMI Kota Tangerang juga menerima pendonor plasma konvalesen dari Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan. Plasma darah yang terkumpul nantinya tak hanya didistribusikan untuk rumah sakit di Kota Tangerang. PMI Kota Tangerang juga melayani permintaan plasma konvalesen dari luar daerah Kota Tangerang.

Plasma konvalesen adalah plasma yang diambil dari pasien Covid-19 yang sudah 14 hari dinyatakan sembuh. Plasma yang kaya akan antibodi poliklonal itu lalu ditransfusikan ke pasien Covid-19. Cara itu menjadi salah satu upaya terapi imun.

Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Tangerang dokter David H Sidabutar menerangkan, mereka yang telah sembuh dapat mendonorkan plasma konvalesen di UDD PMI Kota Tangerang. Pihaknya juga gencar melakukan kampanye donor plasma konvalesen kepada masyarakat.

“Kami terus gencarkan melakukan kampanye donor plasma konvalesen terhadap masyarakat agar mau menyumbangkan darahnya, terutama bagi para penyintas Covid-19. Plasma darah dari pasien yang pernah terkena Covid-19, akan menyelamatkan banyak nyawa. Ayo donor plasma,” ujarnya. (mst/bpro)