Menu

Mode Gelap

Daerah · 31 Jan 2021 06:39 WIB

Pemda Diminta Fokus Hadapi Potensi Gempa dan Tsunami di Selatan Jawa


 Pemda Diminta Fokus Hadapi Potensi Gempa dan Tsunami di Selatan Jawa Perbesar

bantenpro.id, Tangerang – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) meminta pemerintah daerah (pemda) fokus melakukan persiapan terkait adanya potensi gempa besar. Mereka juga harus siap menghadapi potensi tsunami di Selatan Pulau Jawa.

Kepala Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI, Eko Yulianto menjelaskan, pemda saat ini hanya fokus pada soal penanganan perekonomian. Sebab itu, diperlukan adanya atensi soal kesiapan penanganan segala potensi bencana alam yang bisa saja terjadi.

“Nah, ini yang harus kita pikirkan juga bahwa selama ini berdasarkan kawan-kawan bahwa pemerintah daerah lebih konsen kepada perekonomiannya tapi tidak terlalu konsen terhadap potensi-potensi tsunaminya di sepanjang selatan Jawa,” kata Eko seperti dikutip bantenpro.id dari inews, Minggu (31/01/2021).

Menurut Eko, jika kesiapan bencana alam tidak dipersiapkan dengan matang, maka hal tersebut juga bisa menjadi malapetaka bagi perekonomian di wilayah tersebut.

“Kalau tidak, nanti dikhawatirkan akan seperti tsunami Jepang 2011 dimana kerugian ekonominya sangat besar 2.500 triliun. Meskipun korban jiwanya tidak banyak jika dibandingkan Jepang pada tsunami Aceh tahun 2004 lalu,” ujar Eko.

LIPI juga mengungkapkan potensi gempa besar yang bisa terjadi di atas 9 Magnitudo serta berpotensi tsunami di Selatan Pulau Jawa itu disertai dengan bukti-bukti yang ada.

“Bukti tsunami di selatan Jawa, jadi sekitar 400 tahun yang lalu yang kami temukan di sungai di Cikembulan Pangandaran. Tsunami ini cukup besar karena buktinya mulai Banten di Lebak sana sampai dengan Bali. Dan ini menjadi bukti bahwa di selatan Jawa ada ancaman gempa dengan skala di atas 9 yang bisa memicu tsunami,” ujar Eko. (bpro)

Baca Juga :  Ada Tim Pemburu Covid-19, Work From Home Diberlakukan Lagi

 

Sumber: inews

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

Dishub Kota Tangerang Akui Belum Maksimal Tegakkan Perwal Jam Operasi Truk Tanah

8 Maret 2024 - 21:25 WIB

Mahasiswa Demo Dishub Kota Tangerang soal Operasional Truk Tanah

8 Maret 2024 - 15:16 WIB

Acara Sosialisasi Undian Gratis Berhadiah Dinsos Dianggap Tak Ramah Difabel

7 Maret 2024 - 20:38 WIB

Panduan Undian Berhadiah dan Pengumpulan Dana, Ini Aturan dan Syaratnya

7 Maret 2024 - 20:30 WIB

KPU Kota Tangerang Akhiri Drama Rekapitulasi Suara Pemilu 2024

7 Maret 2024 - 17:03 WIB

Samsat Kalong: Layanan Pajak Inovatif Selama Ramadan di Kota Tangerang

7 Maret 2024 - 15:53 WIB

Trending di Daerah