oleh

Airin Digantikan Bima, Jokowi Apresiasi Kerja Keras Wali Kota

bantenpro.id, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi kerja keras para wali kota di seluruh Indonesia yang telah bergerak bersama-sama menangani Covid-19, baik dampak kesehatan maupun dampak di bidang sosial dan ekonomi.

“Pandemi Covid-19 belum berakhir. Kita harus bekerja keras, kita juga harus semakin detail untuk menemukan cara-cara baru untuk mengatasi permasalahan, bahkan memanfaatkan kondisi krisis untuk meraih kemajuan yang signifikan,” kata Presiden Jokowi saat berpidato pada pembukaan Musyawarah Nasional VI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) 2021 secara virtual dari Istana Negara, Jakarta, Kamis (11/02/2021).

Hadir pada acara itu, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Ketua Dewan Pengurus Apeksi yang juga Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany.

Airin dalam laporannya menyatakan pelaksanaan munas kali ini berbeda dengan sebelumnya karena dilaksanakan secara sederhana, membatasi kehadiran peserta, menerapkan protokol kesehatan yang ketat, dan menggunakan metode daring.

Pandemi Covid-19, lanjutnya, telah memberikan dampak yang sangat besar terhadap penyelenggaraan pemerintahan di daerah.

“Dalam rangka penanganan pandemi pemerintah daerah, termasuk pemerintah kota harus melakukan penyesuaian program kerja dan anggaran dan terus melakukan inovasi sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku,” kata Airin.

Munas juga mengagendakan pemilihan pengurus baru, di mana forum akhirnya menyetujui Wali Kota Bogor Bima Arya secara aklamasi sebagai Ketua Dewan Pengurus Apeksi.

Pada kepengurusan Apeksi periode 2016-2020, Bima Arya duduk sebagai Anggota Dewan Pengawas bersama enam wali kota lainnya. (bpro)

 

Sumber: beritasatu