oleh

Tangguh Jaya di Kampung Sigacor, Ikhtiar Menekan Covid-19

bantenpro.id, Tangerang – Program Kampung Tangguh Jaya merambah sampai Kota Tangerang. Program yang dicanangkan Kepala Polda Metro Jaya Inspektur Jenderal Fadil Imran ini bertujuan mencegah laju peningkatan kasus Covid-19.

Kampung Tangguh Jaya kemudian dikolaborasikan dengan Kampung Sigacor (Siaga Corona) yang sudah lebih dulu dibentuk Pemerintah Kota Tangerang. Dua program itu menjadi ikhtiar baru memutus penyebaran dan penularan virus corona di kota ini.

Pencanangan Kampung Tangguh Jaya Sigacor dilakukan Sabtu (13/02/2021) bersamaan dengan kegiatan penyemprotan disinfektan di jalan-jalan protokol.

“Hari ini kami melakukan peluncuran Kampung Tangguh Jaya Sigacor dan penyemprotan disinfektan di wilayah Kota Tangerang bersama Polres Metro Tangerang Kota, Kodim 05/06 Tangerang dan PMI Kota Tangerang,” kata Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah.

Program Kampung Tangguh Jaya yang dipadukan dengan Kampung Sigacor ini juga berfungsi sebagai sarana edukasi masyarakat, menyampaikan anjuran pemerintah dan mendisiplinkan warga agar menerapkan protokol kesehatan secara ketat..

Kepala Polres Metro Tangerang Komisaris Besar Deonijiu De Fatima mengatakan Polri ikut berupaya melakukan pencegahan dan penularan penyebaran virus corona yang ada di wilayah Kota Tangerang.

“Kegiatan ini dan program Kampung Tangguh Jaya bekerja sama dengan Pemerintah Kota Tangerang dan PMI Kota Tangerang bertujuan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 . Kami melakukan penyemprotan di tiga rute antara lain Jalan Daan Mogot, Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Gatot Subroto,” kata Deonijiu.

Deonijiu menjelaskan, ada sebanyak 14 unit armada penyemprotan yang dikerahkan. Antara lain 7 unit dari Polres Metro Tangerang, 4 unit milik pemadam kebakaran dan 3 unit dari PMI Kota Tangerang.

Ketua PMI Kota Tangerang Oman Jumansyah mengatakan, PMI selalu siaga untuk membantu memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Sejauh ini, PMI juga sudah bergerak secara masif melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah tempat di wilayah Kota Tangerang.

PMI Kota Tangerang mengerahkan 3 unit mobil gunner untuk penyemprotan gabungan hari ini. Operasi penyemprotan disinfektan ini, kata Oman, merupakan misi kemanusiaan PMI untuk membantu pemerintah dalam melakukan mitigasi Covid-19.

Sementara itu, perkembangan terkini kasus Covid-19 di Kota Tangerang sampai hari ini menunjukkan masih ada 332 pasien positif Covid-19 yang menjalani perawatan. Adapun jumlah kasus terkonfirmasi positif seluruhnya mencapai 6.616 kasus dengan 6.151pasien sembuh dan meninggal 133 orang. (mst/bpro)