oleh

Ular Tiba-tiba Keluar dari Tangki Motor

bantenpro.id, Tangerang – Di musim hujan seperti sekarang ini pengendara motor harus lebih waspada, terutama terhadap potensi bersarangnya hewan liar di bagian motor. Contoh seperti dialami bikers asal Kota Tangerang Selatan, bernama Dadan Kuswaraharja. Dari sela-sela tangki motor sport-nya, tiba-tiba muncul ular berukuran kecil.

“Karena kepanasan, dia keluar dari tangki. Untung keluarnya bukan pas lagi riding,” kata Dadan, dikutip bantenpro.id dari detikcom, Selasa (16/02/2021).

Menurut Dadan, ular itu berasal dari spesies Lanang Sapi. “Ular tidak disakiti dan diambil pecinta ular di komplek,” sambungnya.

Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno, mengatakan bahwa kendaraan bermotor sangat berpotensi menjadi tempat bersarangnya tikus, bahkan hingga hewan reptil.

“Bisa saja terjadi. Karena ular cari tempat yang hangat dan kering. Kita nggak tahu posisi awal motor diparkir di mana,” ujar Endro.

Kemungkinan ular masuk motor jelas sekali apabila motor diparkir atau ditinggal di tempat yang memang rawan ditemukan ular. Oleh karena itu, pastikan memarkirkan kendaraan di tempat yang benar-benar jauh dari risiko ini.

“Jelas lebih mungkin lagi kalau parkir di daerah yang cenderung masih ada ularnya. Karena juga banyak beredar ular masuk ke sepatu yang ada di halaman rumah. Itu bisa terjadi bukan cuma di motor, di mobil pun bisa,” papar Endro.

Sebenarnya ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko seperti ini terjadi pada motor Anda. Pertama, rajin merawat motor dengan rutin dicuci dan melakukan perawatan di bengkel.

“Hal seperti ini bisa dihindari dengan rajin merawat motor seperti dicuci dan servis,” sambung Endro.

Selain itu, pastikan ketika parkir motor tidak ditempatkan di tempat yang memang rawan ada ular. Mesin motor yang panas akan dicari oleh ular untuk tempat bernaung apalagi di musim hujan yang dingin dan basah ini.

“Ya kalau parkir pastikan daerah yang aman dan perlu dicek di area-area yang cenderung ular atau binatang lain mau bersarang di situ. Ular cari tempat yang hangat dan kering,” ujarnya. (bpro)

 

Sumber: detikcom