oleh

Taksi Terbang? Emang Ada? Ada di Tangerang!

bantenpro.id, Tangerang – Mau ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta Tangerang tapi khawatir terlambat karena macet? Jangan khawatir. Kini telah hadir moda transportasi baru yang bisa menghindari kemacetan menuju bandara maupun sebaliknya.

Moda transportasi yang dimaksud adalah taksi terbang. Layanan taksi terbang ini disediakan oleh PT Whitesky Aviation bekerja sama dengan PT Angkasa Pura 2.

Layanan taksi terbang itu akan menjadi penghubung antara bandara dengan sekitar 72 titik di Jabodetabek.

“Sekarang kita berada di Cengkareng Heliport, di mana Heliport ini kita bekerja sama dengan Angkasa Pura dalam mengakses, jadi tujuan dari heliport adalah mengakses masyarakat yang ingin menuju airport atau dari airport ke tengah kota dengan mengunakan connecting flight helikopter,” ujar President of Whitesky Aviation Denon Prawiraatmadja dalam IG Live AP2 Comes To You bertema ‘Taksi Terbang? Emang Ada? Ada!’, Jumat (26/02/2021).

Cengkareng Heliport itu berdiri di atas lahan seluas 3 hektare dilengkapi dengan berbagai fasilitas, mulai dari hanggar khusus helikopter, kawasan kantor, fasilitas beserta personel untuk evakuasi medis, 1 shooting point dengan 7 parking stand. Sehingga heliport ini bisa menampung sekitar 40 helikopter sekaligus.

Layanan taksi terbang ini terbagi menjadi 2 jenis layanan yaitu VIP dan Helicity. Jenis helikopter untuk penumpang VIP ini adalah jenis twin engine sedangkan yang Helicity adalah single engine.

Masyarakat yang tertarik kini bisa mulai mencoba layanan Helicity ini dengan melakukan pemesanan di aplikasi Helicity dan sudah bisa diunduh dari PlayStore atau App Store. Layanan taksi online pun sudah bisa dipesan mulai hari ini.

Untuk tarif taksi terbang sendiri bisa dibilang beragam, dimulai dari harga Rp 8 juta sekali terbang.

“Jadi kita sendiri juga punya APP nanti bisa download Helicity APP di situ ada range distance dari Cengkareng Heliport ke 72 titik di Jakarta dan di Jabodetabek range price-nya antara 8 sekitar 20 an (Rp 8 juta- Rp 20 juta/penerbangan), tapi kalau untuk yang charter flight ya di atas 20 an lah (Rp 20 juta) harganya,” terangnya.

“Helicity untuk 3-4 passenger, kalau untuk charter flight biasanya 4 passenger ke atas sampai 8 passenger,” tambahnya.

Berikut wilayah yang dilayani taksi terbang dari dan menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta Tangerang:

1. Jakarta (5 wilayah Jakarta)
2. Cengkareng
3. Kepulauan Seribu
4. Tangerang
5. Bogor/Puncak
6. Tangerang Selatan
7. Serpong
8. Bekasi
9. Depok
10. Cikarang
11. Karawang
12. Sentul
13. Bandung
14. Cibubur
15. Anyer
16. Cilegon
17. Sukabumi
18. Pelabuhan Ratu

Seperti diwartakan detikcom, Jumat (26/02/2021), Direktur Utama PT Angkasa Pura 2, Muhammad Awaluddin mengatakan, selain di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, layanan taksi terbang ini rencananya akan diperluas ke beberapa bandara lain yang masih dikelola oleh PT Angkasa Pura 2.

Namun, ia mencatat, perluasan layanan taksi terbang di bandara lainnya akan sangat bergantung pada ketersediaan lahan di bandara bersangkutan.

“Buka heliport-nya bukan hanya di Soekarno-Hatta tapi juga di bandara lain. Mungkin Kertajati, yang masih ada space. Bali juga menarik, untuk juga jadi satu topik baru untuk mendukung pariwisata kita,” kata dia. (bpro)

 

Sumber: detikcom