oleh

Mau Sukses Jadi Pemimpin? Begini Kata Arief

BANTENPRO, TANGERANG – Banyak orang heran bagaimana seorang pemimpin bisa ambil keputusan penting bahkan di saat penuh tekanan. Proses mereka membuat keputusan berasal dari akumulasi dari pengalaman dengan banyak situasi berbeda, perencanaan, serta kegagalan yang tak terduga.

Pengalaman memimpin Arief R Wismansyah –baik sebagai Wali Kota Tangerang maupun ketika sebelum menjabat– mengundang ketertarikan berbagai kalangan. Dalam acara Banten Millenials Leadership Jumat (23/10/2020), Arief diundang untuk membagikan pengalaman dan kiat-kiatnya menjadi pemimpin muda.

Melalui media sosial Zoom, Arief dengan senang hati membagikan pengalamannya. Acara itu juga menghadirkan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten Erwin Soeradimadja.

Dalam kesempatannya berbagi pengalaman, Arief mengatakan bahwa menjadi pemimpin harus fokus pada perencanaan serta pelaksanaan kebijakan yang telah dibuat.

“Terus saja fokus pada prosesnya, jalankan dengan sungguh-sungguh dan sesuai perencanaan. Jika memang harus mengalami perubahan di tengah jalan, yakinlah bahwa keputusan yang diambil adalah keputusan yang paling tepat,” kata Arief.

Menurutnya, soal hasil dari usaha yang sudah dijalankan, serahkan saja kepada Tuhan. Karena hasil adalah hak prerogatif Tuhan.

Arief juga mengatakan orang sukses selalu belajar dari orang sukses lainnya.
“Kalau mau sukses, belajar pada orang sukses lainnya. Jangan enggan, apalagi malas, terus perluas wawasan yang nantinya akan tumbuh ide-ide dari situ,” tuturnya.

Arief juga berpesan, kunci utama menjadi pemimpin haruslah jujur dan amanah. Karena setiap pemimpin akan dimintai pertanggungjawabannya kelak di akhirat. (red/bpro)