Rumah Sakit di Tangerang Buka Pendaftaran Vaksinasi Covid-19, Harga Menyusul

BANTENPRO.ID, TANGERANG – Beberapa rumah sakit swasta dikabarkan telah membuka pendaftaran untuk vaksinasi Covid-19 secara mandiri. Salah satunya adalah Primaya Hospital.

Dalam website resminya primayahospital.com, rumah sakit yang memiliki cabang di Jalan MH. Thamrin No. 3, Kebon Nanas, Cikokol, Kota Tangerang, itu mengumumkan sudah membuka pre-registrasi vaksin Covid-19.

Pendaftaran vaksinasi Covid-19 juga bisa dilakukan melalui website tersebut.

“Pelaksanaan vaksinasi dapat dilakukan di seluruh cabang Primaya Hospital. Khusus perusahaan, vaksinasi dapat dilakukan di lokasi yang Anda tentukan,” tulis Primaya di laman registrasi vaksinasi Covid-19 mereka.

Namun, Primaya memberikan keterangan bahwa pelaksanaan vaksinasi Covid-19 akan dilakukan setelah mendapatkan konfirmasi dari pemerintah, bahwa rumah sakit swasta diizinkan untuk melakukan vaksinasi.

Bagaimana soal produk dan harganya? Di laman pendaftaran vaksinasi Covid-19 tersebut, Primaya Hospital menuliskan spesifikasi produk dan harga menyesuaikan dengan kebijakan pemerintah di kemudian hari.

Bantenpro.id mencoba melakukan pre-registrasi dalam laman pendaftaran tersebut Rabu (16/12/2020) dan memilih Primaya Hospital Tangerang sebagai lokasi pemeriksaan serta tempat vaksinasi Covid-19.

Setelah mengisi data diri pada kolom yang disediakan, notifikasi pendaftaran pun terkirim melalui email. Pada notifikasi tersebut tertulis pendaftaran ini bertujuan untuk mendapatkan kuota pelaksanaan vaksinasi.

Di bagian lain, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyatakan bahwa masyarakat yang menginginkan vaksinasi secara mandiri bisa mendaftar melalui aplikasi dan website. Namun, bagi masyarakat yang terkendala sinyal internet, proses vaksinasi akan melibatkan TNI atau Polri wilayah setempat secara manual.

“Yang sulit aksesnya atau keterbatasan secara digital akan melibatkan Babinsa dan Babinkamtibmas. Manual bisa diaktifkan dari TNI dan Polri,” kata Erick dalam Webinar Persiapan Infrastruktur Data dan Layanan Vaksinasi Covid-19, Jakarta, seperti dikutip dari liputan6.com, Selasa (1/12/2020).

Soal pendaftaran vaksinasi, Erick Thohir menyatakan pihaknya melakukan pendekatan dari bawah (bottom up) bersama perusahaan swasta mengajak masyarakat melakukan vaksin sejak dini.

“Pendaftaran mandiri kita bottom up. Perusahaan individu bisa dapatkan dari sekarang,” kata dia.

Diharapkan, masyarakat sejak dini sudah melakukan pendaftaran. Khususnya bagi mereka yang berada di kelompok menengah yang diharapkan melakukan vaksinasi mandiri.

“Makanya semua harus didaftar, kapan disuntik, kapan antre, kapan suntik kedua. Kita kembali seperti balita ya disiplin,” ungkap Menteri BUMN ini.

Vaksinasi tahap awal akan diberikan kepada mereka yang berada di rentang usia 18 tahun sampai 59 tahun. Namun hasil riset terus berkembang dan bukan tidak mungkin mereka yang berusia di atas 59 tahun bisa divaksin. (bpro)