Ketua Umum PMI: Hari Relawan adalah Peringatan Hari Keikhlasan

BANTENPRO.ID, TANGERANG – Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla (JK) mengatakan peringatan Hari Relawan 26 Desember merupakan peringatan hari keikhlasan yang merupakan sifat yang dibutuhkan terutama pada saat pandemi Covid-19.

“Hari Relawan itu adalah hari di mana kita memperingati bagaimana suatu pekerjaan atau masalah kita dapat selesaikan dengan bahu-membahu, saling membantu tanpa pamrih,” kata JK dalam keterangan tertulis seperti dikutip dari Kantor Berita Antara, Sabtu (26/12/2020).

Peringatan Hari Relawan Nasional atau PMI, kata JK, bertepatan dengan hari bencana tsunami melanda Aceh pada 2004 silam.

“Hari ini menandai bakti relawan kepada masyarakat dalam kondisi darurat,” katanya.

Ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh relawan yang telah mengabdikan dirinya untuk kemanusiaan melalui PMI.

“Hari Relawan adalah hari keikhlasan, karena tanpa keikhlasan tidak mungkin kita menjadi relawan. Dalam kesempatan ini, saya ingin menyampaikan terima kasih kepada seluruh relawan di seluruh Indonesia yang telah bekerja sama dalam setiap masalah yang kita hadapi,” katanya.

Dalam postingan IGTV palangmerah_indonesia, JK pun mengucapkan selamat kepada seluruh relawan pada peringatan Hari Relawan PMI ini.

“Pada hari yang baik ini saya ingin mengucapkan selamat seluruh relawan, atas kita memperingati Hari Relawan PMI,” ucap JK dalam video tersebut.

Di Kota Tangerang, PMI mengisi peringatan Hari Relawan dengan acara potong tumpeng yang rencananya akan digelar di malam pergantian tahun nanti. Lokasi acaranya di Markas PMI Kota Tangerang Jalan Mayjen Sutoyo, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang.

“Untuk merayakan Hari Relawan PMI, nanti kami akan mengadakan kegiatan potong tumpeng di malam Tahun Baru di markas kami,” ujar Ade Kurniawan, Ketua Biro Humas PMI Kota Tangerang kepada bantenpro.id, Sabtu (26/12/2020).

Ade mengatakan, PMI Kota Tangerang saat ini memiliki 150 relawan aktif. PMI Kota Tangerang juga sudah membuka rekrutmen relawan sejak November dan sudah ada 350 calon relawan yang siap diseleksi.

Di peringatan Hari Relawan PMI ini, Ade Kurniawan menyampaikan pesan kepada masyarakat agar tetap menekunkan protokol kesehatan.

“Dalam kondisi pandemi seperti ini, kami berharap kepada masyarakat agar tetap ikut aturan peraturan pemerintah untuk melakukan protokol kesehatan dengan cara jaga jarak, mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir, lalu menggunakan masker,” ujar Ade

Wali Kota Tangerang Arief Wismanyah juga ikut mengucapkan melalui postingan Instagramnya

“Memperingati Hari Relawan Palang Merah Indonesia (PMI), dengan semangat kemanusiaan, mari kita bergandengan tangan membantu sesama umat manusia,” demikian caption pada postingan di akun Instagramnya, Sabtu (26/12/2020).

Postingan wali kota tentang Hari Relawan PMI ini disambut hangat oleh netizen, salah satunya akun Instagram damkar_periuk.

“Sesama makhluk ciptaannya sudah menjadi keharusan kita saling berbagi dan menolong. Setuju pak kita sama-sama bergandeng tangan untuk bahu membahu meringankan beban saudara kita yang membutuhkan. Dan di Hari Relawan ini kami yang di sisi paling barat menyampaikan salam kemanusiaan,” tulis akun damkar_periuk dalam komentarnya. (mst/bpro)