Bus Tayo Koridor 4 Diluncurkan, Layani Rute Cadas-M1 Bandara

BANTENPRO.ID, TANGERANG – Layanan transportasi yang terintegrasi di Kota Tangerang makin bertambah. Usai resmi beroperasi angkot Si Benteng Minggu (10/01/2021) lalu, giliran Bus Rapid Transit (BRT) Tangerang Ayo (Tayo) Koridor 4 resmi diluncurkan, Rabu (13/01/2021).

Launching operasional Bus Tayo berlangsung di depan gerbang pintu masuk M1 Bandara Soekarno-Hatta. Peluncuran ditandai dengan gunting pita dan pemecahan kendi oleh Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah.

Turut mendampingi wali kota di antaranya Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin, Kepala Dinas Perhubungan Kota Tangerang Wahyudi Iskandar, Direktur Utama PT TNG Edi Candra, dan Eksekutif General Manager KCU Bandara International Soekarno Hatta.

Dalam sambutannya Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, bus Tayo akan melayani rute Cadas-Pintu M1 Bandara Soetta. Jam operasionalnya dimulai pukul 05.00 sampai pukul 20.00. Bus Tayo koridor 4 ini juga turut melengkapi bus Tayo Koridor 1, 2 dan 3 yang sudah lebih dahulu melayani masyarakat Kota Tangerang.

Menurut Arief, selain memfasilitasi masyarakat Kota Tangerang yang bekerja menuju Bandara Soekarno-Hatta, untuk kali pertama bus Tayo Koridor 4 turut melayani masyarakat perbatasan Kota Tangerang dengan Kabupaten Tangerang di mana titik lokasi penjemputan berada di Cadas dekat dengan wilayah Kabupaten Tangerang seperti wilayah Sepatan, Rajeg dan Kutabumi.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah bersama sejumlah pejabat Pemkot Tangerang menjajal BRT Tayo yang baru diluncurkan, Rabu (13/01/2021). (Foto: Humas Pemkot Tangerang)

Arief mengatakan, bus Tayo Koridor 4 ini juga semakin memantapkan layanan transportasi yang semakin terintegrasi dan komperhensif. Karena tak hanya bus, layanan transportasi lainnya seperti kereta api dan pesawat udara juga berada di wilayah Kota Tangerang.

“Mudah-mudahan dengan beroperasinya bus Tayo Koridor 4 ini memfasilitasi masyarakat Kota Tangerang yang bekerja di Bandara Soekarno-Hatta yang jumlahnya ada enam ribuan. Dan mudah-mudahan dapat mengurangi penggunaan kendaraan pribadi,” ujarnya.

Arief berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung dan bekerjasama dalam mewujudkan dan merealisasikan bus Tayo Koridor 4 ini.

“Kami Pemerintah Kota Tangerang juga berterima kasih kepada Angkasa Pura II, Organda dan PT TNG yang sudah mendukung program ini,” jelasnya.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Tangerang Wahyudi Iskandar menambahkan, ada 10 unit bus Tayo Koridor 4 yang beroperasi dan satu unit bus cadangan. “Mudah-mudahan semua bisa terfasilitasi dan masyarakat mau beralih ke bus Tayo ini,” ungkapnya.

Menurut Wahyudi, dibanding BRT koridor sebelumnya, BRT Koridor 4 memiliki beberapa fasilitas yang berbeda.

“BRT Koridor 4 ada fasilitas televisi, bangkunya juga berbeda karena berbahan busa atau seperti layaknya sofa. Selain itu, interior BRT Koridor 4 ini lebih ramah bagi penumpang lanjut usia,” katanya.

Wahyudi menjelaskan untuk jalur transportasi BRT koridor 4 dimulai dari Pintu M1 Bandara Soeta, Jalan Surya Dharma, Jalan Dr Sitanala, Jalan Bouraq, Jalan TMP Taruna, Jalan Satria (Windu Karya), Jalan Daan Mogot (depan Polres Metro Tangerang), Jalan Merdeka, Jalan Otista, Jalan KS Tubun, Jalan Sangego, Jalan Kali Cadas, Pergudangan Duta Iconik Sentosa, dan terakhir Simpang Nagrak. (rls/bpro)