Tenaga Kesehatan di Kota Tangsel dan Serang Divaksin Mulai Besok

BANTENPRO.ID, TANGERANG – Vaksinasi Covid-19 untuk warga Povinsi Banten sudah dimulai. Setelah diawali para pejabat daerah hari ini, dijadwalkan esok giliran para tenaga kesehatan yang mulai disuntik.

Pelaksanaan suntik vaksin anticovid-19 untuk tenaga kesehatan ini berlangsung mulai Jumat (15/01/2021) sampai 1 Februari 2021. Kemudian dilanjutkan tahap berikutnya pada 1 Februari – 15 Februari 2021.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten Ati Pramudji Hastuti mengatakan vaksinasi untuk tenaga kesehatan akan dimulai dari wilayah Kota Tangerang Selatan dan Kota Serang.

“Untuk Kota Serang ada 3.380 tenaga kesehatan dan Kota Tangerang Selatan sekitar 8.920. Rencananya ini satu bulan berjalan, karena 15 hari pertama itu suntikan pertama. Kemudian 15 hari berikutnya itu suntikan yang kedua. Jadi nanti berakhir di tanggal 15 Februari,” ujar Ati saat pencanangan vaksinasi Covid-19 di Pendopo Bupati Tangerang, Jalan Kisamaun, Kota Tangerang, Kamis (14/01/2021).

Ati menjelaskan, Kota Serang dan Kota Tangerang Selatan menjadi fokus utama dilakukan vaksinasi bagi tenaga kesehatan karena Kota Serang adalah ibu kota provinsi dan Kota Tangerang Selatan merupakan wilayah perbatasan dengan ibu kota negara.

“Ini semua yang menentukan pemerintah pusat,” ujar Ati.

Adapun untuk ketersediaan vaksin di Provinsi Banten, kata Ati, Provinsi Banten mendapat 86.000 dosis yang sasarannya para tenaga kesehatan.

“Sasarannya adalah tenaga kesehatan yang berjumlah 48 ribu yang akan divaksin. Sepertinya cukup, namun untuk suntikan vaksin kedua ini tentunya nggak akan cukup, nanti kita menunggu di awal Februari akan dilakukan di termin kedua sebanyak 72.430 dosis,” kata Ati. (mst/bpro)