100 Vaksinator Dikerahkan untuk Suntik Anticorona di 67 Lokasi

BANTENPRO.ID, TANGERANG – Pemerintah Kota Tangerang Selatan menyiapkan 100 lebih tenaga vaksinator untuk membantu proses kegiatan vaksinasi Covid-19 tahap pertama bagi tenaga kesehatan. Ada sebanyak 67 tempat yang akan dijadikan lokasi penyuntikan.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel Deden Deni mengatakan tenaga vaksinator tersebut disebar di fasilitas kesehatan yang menyelenggarakan kegiatan suntik vaksin Covid-19.

Adapun 67 lokasi penyuntikan tersebut terdiri atas 29 Puskesmas, 1 rumah sakit umum, 23 rumah sakit swasta, dan 14 klinik swasta.

“Vaksinator yang melayani di tempat fasilitas pelayanan kesehatan disesuaikan dengan kebutuhan jumlah tenaga medis yang menjalani vaksinasi. Jumlah vaksinator akan terus ditambah karena harus dilatih dahulu,” kata Deden Deni usai peninjauan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di RSUD Tangerang Selatan, seperti dikutip dari Kantor Berita Antara, Jumat (15/01/2021).

Deden juga menuturkan dosis vaksin Covid-19 yang saat ini sudah diterima dan tersimpan di Labkesda, akan dikirim ke setiap fasilitas pelayanan kesehatan sesuai kebutuhan.

Karena tenaga medis yang akan mendapatkan layanan vaksinasi Covid-19, bisa memilih fasilitas kesehatan yang diinginkan saat mendaftar secara online. “Paling banyak memang di RSUD Tangsel tetapi di Puskesmas juga ada,” ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten Ati Pramudji Hastuti mengatakan Kota Tangerag Selatan mendapatkan 8.920 dosis vaksin untuk termin pertama di tahap kesatu dan menjadi daerah pertama yang menyelenggarakan vaksinasi Covid-19 bersama Kota Serang.

Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie mengatakan dari hasil pemantauan yang dilakukan pada dua lokasi yakni Puskesmas Setu dan RSUD Tangerang Selatan, tak ada kendala yang ditemui.

Berbagai persiapan sudah dilakukan Pemkot Tangerang Selatan sejak dipilih sebagai daerah pertama di Banten bersama Kota Serang dalam menggelar vaksinasi Covid-19.

Ia berharap vaksinasi Covid-19 bisa berjalan lancar dan program pemerintah dalam mengentaskan pandemi ini bisa tercapai.

“Penyebaran Covid-19 yang saat ini sedang kita tekan dengan sosialisasi protokol kesehatan kepada masyarakat dan pemberian vaksin kepada tenaga kesehatan, pandemi ini bisa teratasi”, katanya. (bpro)