Jembatan Alamanda Terendam, Situ Bulakan Meluap

bantenpro.id, Tangerang – Jembatan Alamanda di Jalan Raya Regency Kecamatan Periuk, Kota Tangerang, tergenang air setelah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat mengguyur wilayah ini pada Rabu (03/02/2021) sejak pukul 04.00 WIB.

Berdasarkan pantauan bantenpro.id di Jembatan Alamanda, hingga pukul 09.00 WIB ketinggian air sudah mencapai 40 cm. Genangan air mengakibatkan arus lalu lintas di Jalan Regency Periuk, itu terhambat.

Camat Periuk Kota Tangerang Maryono di lokasi genangan menjelaskan, genangan di Jembatan Alamanda disebabkan meluapnya air dari Kali Ledug.

“Pemerintah Kota Tangerang sebelumnya sudah berupaya mencegah luapan dengan meninggikan tanggul Kali Ledug setinggi 2 meter beberapa waktu lalu. Tetapi ketinggian tanggul pada sisi Kali Ledug bocor tepat di depan Pasar Lingkungan Perum Grand Duta sehingga terjadi genangan di Jembatan Alamanda dan Perum Garden City RW 025 Gebang Raya,” kata Maryono.

Kondisi terakhir pukul 09.00 WIB, ketinggian tanggul dengan muka air hanya menyisakan 20 sampai 30 cm. Bila hujan masih berlangsung sampai sore dengan curah tinggi, air di jembatan diperkirakan akan kembali meninggi.

Genangan juga merendam jalan di sekitar Situ Bulakan, Periuk. Penyebabnya, air di danau tersebut tak dapat mengalir ke Sungai Cirarab hingga akhirnya meluap. Debit Sungai Cirarab sendiri terlihat tinggi dan tak mampu menampung limpahan air dari Situ Bulakan.

“Untuk mengantisipasi kejadian yang lebih mengkhawatirkan, pintu air seputar danau sudah ditutup petugas,” kata Syahrial, Kepala UPT Damkar Periuk Kota Tangerang kepada bantenpro.id

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang melalui UPT Damkar Periuk telah menyiagakan sejumlah unit perahu dan sejumlah peralatan pendukung lainnya di kawasan Perumahan Garden City yang lokasinya tak jauh dari Situ Bulakan. (bpro)