Tanpa Liong dan Barongsai, Habis Sembahyang Langsung Pulang

bantenpro.id, Tangerang – Imlek tahun ini akan jatuh pada 12 Februari 2021. Lantaran masih dalam situasi pandemi Covid-19, umat Konghucu menyambut Tahun Baru Cina kali ini dengan cara yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Vihara Nimmala Boen San Bio di Kota Tangerang juga menyambut Imlek dengan nuansa berbeda. Tahun ini tidak ada perayaan atau pertunjukan. Vihara yang berdiri sejak tahun 1689 itu hanya memasang lampion dan lilin. Umat yang akan bersembahyang di vihara juga dibatasi.

“Kami mengikuti anjuran pemerintah membatasi jumlah warga yang mau sembahyang di vihara ini,” kata Ketua Umum Yayasan Vihara Nimmala Boen San Bio Yuliyu, Senin (08/02/2021).

Yuliyu mengatakan, pihaknya akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. “Bagi umat yang ingin datang sembahyang di vihara agar mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Pengurus juga akan meminta umat setelah sembahyang segera pulang dan tidak berkerumun,” kata dia.

Skema protokol kesehatan yang akan diterapkan misalnya menempatkan relawan di 5 titik untuk melakukan pemeriksaan suhu tubuh. Kemudian mengarahkan umat untuk mencuci tangan, setelah itu mengambil dupa untuk sembahyang dan selesai sembahyang langsung pulang.

Vihara Boen San Bio juga tidak menggelar pertunjukan barongsai atau liong seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Hanya sembahyang pergantian tahun saja karena menurut kepercayaan kami kan itu harus dilakukan dan tidak ada acara kesenian dan lain-lain,” ujarnya

Untuk menjaga ketertiban, pihak vihara telah berkoordinasi dengan pemerintah daerah, polisi dan tentara.

“Harapan kami semua, saya mewakili pengurus vihara agar pandemi ini cepat selesai dan Indonesia bisa cepat pulih,” ujarnya. (mst/bpro)