Wali Kota Temukan Ancaman Bocor Tanggul Kali Ledug

bantenpro.id, Tangerang – Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah menemukan ancaman kebocoran pada tanggul Kali Ledug yang melintasi wilayah Kecamatan Periuk, Kota Tangerang. Arief melihat ada rembesan pada tanggul.

Temuan itu didapat ketika orang nomor satu di Kota Tangerang ini mendatangi dan mengecek tanggul serta saluran air di lokasi yang kerap terjadi banjir, Senin (08/02/2021).

Arief didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tangerang Decky Priambodo serta Camat Periuk Maryono Hasan.

Melihat rembesan air di tanggul itu, Arief langsung memerintahkan Dinas PUPR segera mengantisipasinya.

“Walau rembesannya kecil tapi tetap harus diperbaiki dan diperkuat agar tidak ada lagi air yang rembes,” ucap Arief, seperti dikutip bantenpro.id dari keterangan resminya, Senin (08/02/2021).

Arief menginstruksikan Dinas PUPR untuk segera menelusuri titik-titik tanggul lainnya yang rawan kebocoran. Selain itu, Dinas PUPR juga diminta membuat tanggul di depan pasar lingkungan dan membuat tali air atau saluran air sehingga genangan air bisa mengalir ke daerah resapan air.

“Segera periksa titik-titik mana saja, buatkan saluran untuk jalan yang tergenang agar bisa langsung surut,” katanya.

Arief mengimbau kepada masyarakat yang lingkungannya kerap terjadi banjir agar tetap waspada. Ini mengingat curah hujan saat ini sedang tinggi.

“Jaga lingkungan periksa saluran-saluran di lingkungan, apabila perlu bantuan petugas segera laporkan,” ujar Arief.

Dinas PUPR Kota Tangerang telah melakukan sejumlah upaya dalam mengatasi banjir di Kota Tangerang salah satunya di wilayah Kecamatan Periuk.

Di antaranya dengan melakukan pemasangan pompa air sebanyak 72 unit yang terdiri atas pompa listrik, pompa diesel serta pemasangan tanggul sementara (kisdam bambu).

Kemudian pembersihan sampah yang memenuhi kolong Jembatan Alamanda serta saluran dan pengerukan lumpur pada sejumlah tandon. (bpro)

 

Sumber: tangerangkota.go.id