Jokowi: Selamat Hari Pers, Terima Kasih Telah Bantu Pemerintah

bantenpro.id, Serang – Sejumlah pengurus organisasi wartawan dan organisasi media di Banten mengikuti perayaan puncak Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2021 secara virtual bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Pendopo Gubernur Banten, KP3B, Kota Serang, Selasa (09/02/2021).

Dalam sambutannya Jokowi mengucapkan selamat Hari Pers Nasional bagi seluruh insan pers di Tanah Air. Pada puncak acara HPN yang diselenggarakan di Istana Negara ini, Jokowi juga menyampaikan terima kasih atas peran pers dalam mengedukasi masyarakat selama pandemi Covid-19.

“Selamat Hari Pers kepada seluruh insan pers Indonesia dimana pun berada. Saya tahu saat pandemi, rekan pers tetap bekerja dan menjadi garis terdepan tiap pemberitaan,” kata Jokowi.

Menurut Jokowi, melalui berita media berhasil menjaga optimisme serta menjaga harapan masyarakat. Jokowi berterima kasih karena media aktif memberikan edukasi terkait protokol kesehatan.

“Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh insan pers karena membantu pemerintah untuk mengedukasi masyarakat agar menerapkan protokol kesehatan dan membantu masyarakat untuk mendapatkan informasi yang benar,” ujar dia.

Tak seperti tahun sebelumnya, perayaan Hari Pers Nasional kali ini diselenggarakan secara virtual. Jokowi merayakannya di Istana Negara didampingi Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Ketua Dewan Pers Muhammad Nuh.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Banten Rian Nopandra mengatakan, momentum Hari Pers Nasional tentunya menjadi ajang insan pers untuk tetap melangkah meski di tengah pandemi. Tentunya sejalan dengan pemberitaan-pemberitaan yang bisa diakui kebenarannya.

“Keberadaan insan pers telah banyak berperan dalam menyampaikan informasi kepada publik dengan berimbang,” ujarnya.

Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Banten Lesman Bangun menerangkan, sebagai konstituen Dewan Pers yang bisa dibilang bungsu, SMSI berkomitmen untuk bersinergi dengan konstituen yang sudah ada.

“Makanya kami selalu menjaga sinergitas anatara PWI, PRSSNI, SPS dan SMSI di Banten untuk tetap bisa kompak. Kami selalu bersama dalam momentum apapun di Banten,” kata Lesman.

Ketua PRSSNI Banten Cahyono Adi mengatakan, pihaknya terus mendukung setiap kegiatan kewartawanan di Banten. Apalagi kehadiran PRSSNI di Banten tak bisa dipisahkan dari kelembagaan wartawan sepeti PWI, SPS dan SMSI.

“Meski platformnya beda-beda, tapi kami sepakat selalu kompak dan bersama-sama,” ujarnya. (rls/mst/bpro)