Bantu PMI Kota Tangerang, Kumpulkan 20 Kantong Darah

bantenpro.id, Tangerang – Sebanyak 20 kantong darah berhasil dikumpulkan Palang Merah Indonesia (PMI) dari pendonor warga Kecamatan Periuk, Kota Tangerang. Pengambilan darah dilakukan di Aula Kantor Kecamatan Periuk, Kota Tangerang, Kamis (18/02/2021).

Kegiatan donor darah ini menjadi bagian dari rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Tangerang ke-28 pada 28 Februari 2021 mendatang.

Camat Periuk Maryono bersama Ketua PMI Kota Tangerang Oman Jumansyah dan Ketua PMI Kecamatan Periuk Rahmat Saleh hadir pada kegiatan tersebut.

Camat Periuk Maryono mengatakan kegiatan donor darah ini adalah rangkaian dari beberapa kegiatan yang diadakan Kecamatan Periuk dalam menyambut HUT Kota Tangerang ke-28. Maryono juga mendonorkan darahnya pada kegiatan kali ini.

“Kalau untuk saya, ini bukan yang pertama kali. Alhamdulilah saya rutin mendonorkan darah,” ujarnya kepada bantenpro.id.

Ketua PMI Kota Tangerang Oman Jumansyah mengatakan hasil kegiatan ini sangat membantu untuk persediaan darah di PMI Kota Tangerang.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan di HUT Kota Tangerang ini dengan kegiatan sosial donor darah. Karena di situasi seperti sekarang ini stok darah terus berkurang. Tapi karena adanya kegiatan ini alhamdulilah stok darah menjadi terjaga,” ujarnya.

Ketua PMI Kecamatan Periuk Rahmat Saleh menyebutkan dari kegiatan donor darah hari ini didapatkan sebanyak 20 kantong darah dari 32 pendonor. Sementara, ada 12 orang yang gagal diambil darahnya.

“Jadi ada 12 orang yang gagal mendonor disebabkan karena ada yang kurang sehat, lalu sedang mengonsumsi obat dan ada juga yang gagal karena semalam sebelum mendonor dia bergadang sehingga tensinya tinggi. Lalu juga ada dari tim satgas yang gagal mendonor karena kelelahan,” ujar Rahmat.

Rahmat menambahan, cuaca yang tidak memungkinkan seperti hujan disertai angin yang mengguyur Kota Tangerang juga menjadi penyebab beberapa pendonor berhalangan hadir.

Selama acara berlangsung, petugas dan peserta tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah dianjurkan oleh pemerintah.

Salah seorang pendonor, Suminoh, mengaku senang dengan adanya kegiatan donor darah. Warga Kecamatan Periuk ini bahkan sudah mendonorkan darahnya sebanyak 30 kali sejak tahun 1997.

“Saya mendonorkan darah saya karena untuk berbagi. Donor darah ini penting untuk orang lain. Selagi kita masih bisa berbagi kenapa tidak,” ujarnya kepada bantenpro.id. (mst/bpro)