Menu

Mode Gelap

Daerah · 22 Feb 2021 22:52 WIB

Telusuri Penyebab Banjir, Petugas Temukan Aliran Sungai Cirarab Terganggu


 Telusuri Penyebab Banjir, Petugas Temukan Aliran Sungai Cirarab Terganggu Perbesar

bantenpro.id, Tangerang – Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah menugaskan tim untuk menelusuri penyebab Kali Ledug meluap hingga merendam tiga perumahan di Kecamatan Periuk, Kota Tangerang.

Hasilnya, tim menemukan terdapat gangguan pada aliran Sungai Cirarab di wilayah Kabupaten Tangerang. Gangguan di Sungai Cirarab ini diduga menyebabkan air Kali Ledug terhambat mengalir ke hilir.

Penelusuran itu dilakukan dengan menyusuri sepanjang aliran Kali Ledug sampai Sungai Cirarab dan berakhir di Pintu Air Sarakan, Kecamatan Sepatan, Kabupaten Tangerang, Senin (22/02/2021).

Tim yang ditugaskan yakni Asisten Daerah (Asda) III Sekretariat Daerah Kota Tangerang Engkos Zakarsih, Kepala Seksi Tata Air Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tangerang Mahfudin dan Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemadam Kebakaran (Damkar) Periuk Syahrial.

Menurut Syahrial, gangguan mulai terlihat di bawah Jembatan Kotabumi. Di sana tim melihat aliran sungai terhambat akibat banyaknya halangan seperti batang pepohonan yang tumbang, tumpukan karung limbah, eceng gondok sampai diokupasinya bantaran kiri dan kanan sungai oleh pohon-pohon pisang.

“Banyak ditemukan halangan dari pohon-pohon yang tumbang ke sungai diantaranya pohon petai, pohon nangka, rerumpunan bambu bahkan ditemukannya tumpukan karung limbah batu bara. Bahkan di sisi kiri dan kanan sungai terdapat banyak pohon pisang dan tumpukan eceng gondok,” kata Syahrial kepada bantenpro.id, Senin (22/02/2021).

Menurutnya, pemandangan itu terlihat mulai Jembatan Kotabumi sampai sepanjang 500 meter di belakang Kawasan Industri Akong, Kecamatan Sepatan, Kabupaten Tangerang.

Baca Juga :  Damkar Sterilkan 48 Lokasi Pencairan Bansos di Periuk dan Jatiuwung

Kemudian di Pintu Air Sarakan, kata Syahrial, diperoleh informasi dari petugas jaga bahwa satu dari tujuh pintu yang ada dalam kondisi rusak dan tidak berfungsi. Kondisi ini menyebabkan pintu tak bisa dibuka.

“Menurut petugas Pintu Air Sarakan, kondisi itu sudah dilaporkan ke Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Banten. Informasinya, peralatan untuk perbaikan sudah disiapkan oleh kontraktor dan tinggal proses pemasangannya saja. Tetapi banjir sudah keburu datang,” jelas Syahrial. (mst/bpro)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

Dishub Kota Tangerang Akui Belum Maksimal Tegakkan Perwal Jam Operasi Truk Tanah

8 Maret 2024 - 21:25 WIB

Mahasiswa Demo Dishub Kota Tangerang soal Operasional Truk Tanah

8 Maret 2024 - 15:16 WIB

Acara Sosialisasi Undian Gratis Berhadiah Dinsos Dianggap Tak Ramah Difabel

7 Maret 2024 - 20:38 WIB

Panduan Undian Berhadiah dan Pengumpulan Dana, Ini Aturan dan Syaratnya

7 Maret 2024 - 20:30 WIB

KPU Kota Tangerang Akhiri Drama Rekapitulasi Suara Pemilu 2024

7 Maret 2024 - 17:03 WIB

Samsat Kalong: Layanan Pajak Inovatif Selama Ramadan di Kota Tangerang

7 Maret 2024 - 15:53 WIB

Trending di Daerah