Menhub Izinkan Pengembang BSD Bangun Stasiun Jatake

bantenpro.id

bantenpro.id, Tangerang – Stasiun kereta api di Kabupaten Tangerang bakal bertambah. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan izin pembangunan stasiun yang diinisiasi PT Sinar Mas Land di Kecamatan Pagedangan. Namanya; Stasiun Jatake.

“Kami memutuskan akan memberikan izin untuk membangun Stasiun Jatake ini,” kata Budi dikutip bantenpro.id dari okezone.com, Minggu (07/03/2021).

Pembangunan Stasiun Jatake akan dilakukan dengan skema konsesi antara PT Kereta Api Indonesia dengan PT Sinar Mas Land (Bumi Serpong Damai (BSD)).

Budi mengatakan, beberapa hari yang lalu PT Sinar Mas Land telah mempresentasikan rencana pembangunan stasiun dan mengajukan beberapa alternatif titik lokasinya.

“Memang ada beberapa catatan, tapi bisa didiskusikan dengan Ditjen Perkeretaapian dan PT KAI. Kami berharap pembangunan dapat dilakukan sesegera mungkin,” ucap Budi.

Dia menjelaskan, dengan pembangunan Stasiun Jatake ini akan memberikan sejumlah manfaat bagi masyarakat, yakni memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Selain itu, mengembangkan kawasan pemukiman yang dibutuhkan oleh masyarakat, serta menggiatkan kegiatan ekonomi di masa pandemi Covid-19 .

“Upayakan pembangunan stasiun ini melibatkan masyarakat setempat agar saudara kita yang terdampak bisa mendapatkan pekerjaan. Harapannya ini bisa selesai dalam satu tahun,” tutur Budi.

Titik lokasi pembangunan Stasiun Jatake berada di lintasan Tanah Abang-Merak pada KM 37+045 antara Stasiun Cicayur dan Stasiun Parung Panjang.

Dibangun di atas lahan seluas 2.806 m2, stasiun ini akan memiliki 3 lantai. Dilengkapi fasilitas pendukung kenyamanan pelayanan sesuai standar pelayanan, dilengkapi dengan eskalator, lift, area komersial, perparkiran sepeda, motor, dan mobil serta fasilitas integrasi moda lanjutan.

Pembangunan stasiun juga dilakukan beriringan dengan pembangunan pemukiman oleh BSD di kawasan tersebut. Pembangunan stasiun baru tersebut direncanakan dengan target penyelesaian selama 1,5 tahun. (bpro)

 

Sumber: okezone




Tinggalkan Balasan