Gratis 14 Hari, Tol Cengkareng-Kunciran dan Tol Serpong-Cinere

bantenpro.id

bantenpro.id, Tangerang – Ruas Jalan Tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran dan Tol Serpong-Cinere seksi I Serpong-Pamulang hari ini resmi beroperasi. Kedua tol itu akan dioperasikan secara gratis.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengatakan, dua tol itu akan dilakukan sosialisasi terlebih dahulu. Oleh karena itu akan dibuka secara gratis.

“Dioperasikan tanpa tarif dulu sambil sosialisasi,” ucapnya, Kamis (1/04/2021).

Danang mengatakan, pengoperasian dua tol itu tanpa dikenakan tarif akan berlaku selama dua minggu. Tol tersebut kemudian akan dikenakan tarif setelah ada surat keputusan tarif dari Menteri PUPR.

Jalan tol Serpong-Cinere sendiri memiliki panjang 10,14 kilometer dan terdiri atas seksi 1 Serpong-Pamulang sepanjang 6,59 kilometer dan seksi 2 Pamulang-Cinere sepanjang 3,55 kilometer. Sementara itu, jalan tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran memiliki panjang 14,19 kilometer.

Kedua tol ini diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pagi tadi. Jokowi menjelaskan, kedua tol tersebut merupakan bagian dari jaringan Jakarta Outer Ring Road (JORR) II yang melengkapi struktur jaringan tol di kawasan metropolitan Jabodetabek.

“Dan akan melengkapi ruas tol JORR II di sisi barat dan pengoperasian jalan tol ini sangat dinantikan masyarakat. Terutama masyarakat Tangerang dan Tangerang Selatan,” ucapnya.

Tol tersebut kata Jokowi akan bisa menjadi alternatif akses khususnya masyarakat Jawa Barat dan Jakarta bagian selatan untuk menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Selain itu dia yakin dengan adanya kedua tol tersebut distribusi barang ke berbagai wilayah di Jabodetabek bisa lebih lancar karena tidak harus melalui tol di dalam kota. Sehingga menghemat waktu tempuh dan bisa menurunkan biaya logistik.

Saat meresmikan kedua tol tersebut, Jokowi memberi pesan khusus untuk Gubernur Banten Wahidin Halim.

Dia berharap pemerintah daerah bisa memanfaatkan kehadiran tol-tol yang ada untuk mendorong ekonomi, khususnya untuk menarik lebih banyak investasi.

“Saya minta pemerintah daerah menjadikan infrastruktur ini sebagai keunggulan dan moda penting untuk menarik investasi lebih banyak. Investasi yang datang agar lebih banyak usaha-usaha baru yang dikembangkan dan ini akan membuka lapangan kerja yang seluas-luasnya,” ucapnya yang disiarkan dari akun YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (01/04/2021).

Turut hadir dalam peresmian jalan tol tersebut antara lain Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur Banten Wahidin Halim, Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah, dan Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany. (bpro)

 

Sumber: detikcompresidenri.go.id




Tinggalkan Balasan