Pemerintah Larang Mudik, Wisata Seluruh Indonesia Boleh Buka

bantenpro.id

bantenpro.id, Jakarta – Pemerintah sudah memutuskan melarang aktivitas mudik Lebaran 2021. Namun seluruh objek wisata di seluruh Nusantara boleh tetap buka.

Hal itu disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno seperti dikutip bantenpro.id dari detikcom, Kamis (08/04/2021).

Sandiaga Uno menyampaikan terima kasihnya kepada Kemenko PMK yang telah memberikan restu kepada pihaknya untuk membuka objek wisata lokal selama libur lebaran.

Namun, pembukaan objek wisata lokal tersebut katanya harus tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin.

Selain itu, seluruh pelaku usaha harus memenuhi protokol CHSE, yakni Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan) guna menekan kasus Covid-19.

“Kami secara tegas menyampaikan, memberikan pesan kepada masyarakat pariwisata dan ekonomi kreatif bahwa kami siap untuk menunggu keputusan pemerintah,” papar Sandiaga Uno.

Bersamaan dengan hal tersebut, Sandiaga Uno mengaku tengah menyiapkan sejumlah kebijakan agar para pelaku parekraf dapat tetap menangkap peluang usaha selama kebijakan tersebut diterapkan.

“Kami menyiapkan opsi-opsi, staycation, opsi-opsi pariwisata dalam bingkai PPKM skala mikro, termasuk juga penyediaan produk-produk ekonomi kreatif untuk mengganti fisik masyarakat di kampung halaman,” papar Sandiaga Uno.

Penyanyi Fiersa Besari di akun Twitternya mempertanyakan hal ini.

“Banyak paradoks di negeri ini. Mudik dilarang, tapi destinasi wisata buka serempak. Penutupan jalan raya, tapi malah macet di sana-sini. Izin resepsi masyarakat dipersulit, tapi pernikahan seleb dihadiri langsung oleh pemimpin negara. Ah, tapi saya tahu apa. Cuma rakyat jelata,” tulisnya.

(bpro)

 

Sumber: detikcom




Tinggalkan Balasan