Menu

Mode Gelap

Daerah · 18 Apr 2021 15:48 WIB

Kisah Panjang di Balik Sepotong Tempe


 Kisah Panjang di Balik Sepotong Tempe Perbesar

bantenpro.id, Tangerang – Meski banyak anggapan kalau makan gorengan saat berbuka puasa itu tak sehat, namun tak bisa bohong tak ada yang bisa menggantikan renyahnya makan gorengan.

Aneka bakwan, tahu, singkong, ubi, cireng, dan tak boleh ketinggalan tempe goreng yang disantap dengan cabe rawit hijau menjadi sajian pembuka puasa yang enak.

Salah satu yang paling klasik dan jadi favorit adalah tempe goreng tepung di tukang gorengan depan rumah atau kantor.

Tak dimungkiri, meski sering dijadikan biang kerok kolesterol, minyak jahat, sampai tudingan perusak kesehatan karena digoreng dengan minyak berplastik, namun gorengan tetap jadi idola buat takjil buka puasa.

Apa lagi yang lebih nikmat daripada tempe goreng? Hampir semua orang tahu tempe goreng tepung dan bisa membuatnya namun tak banyak yang tahu asal-usul dan proses pembuatan tempe.

Sumber protein satu ini terbilang murah, mudah ditemui dan mudah diolah. Bahkan, ahli teknologi pangan, Driando Ahnan-Winarno melihat tempe sebagai ‘food of hope’.

“Siapa sih yang enggak butuh sumber protein tinggi, terjangkau? Mau dari strata sosial apa pun, semua butuh. Tempe dari sudut pandang ilmu pangan punya semua yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan ini,” ujar pria yang akrab disapa Ando ini dalam bincang virtual bersama Masak.TV dan TelusuRI, dikutip bantenpro.id dari CNN Indonesia, Minggu (18/04/2021).

Dalam riset yang dituangkan dalam ‘Kitab Tempe’, Ando menemukan tempe memberikan kontribusi nutrisi sama atau lebih baik daripada daging sapi. Ini mulai dari kontribusi energi yang sama, serat dan kalsium lebih tinggi, lemak jenuh dan garam lebih rendah juga jumlah zat besi sama.

Akan tetapi tak bisa dimungkiri keberadaan tempe kerap dianggap sepele. Makan tempe tidak dianggap ‘wah’ apalagi jika dibandingkan dengan makan ayam goreng atau makan sate sapi. Saatnya menyelisik rahasia tempe lebih dalam dan menyelipkannya dalam menu sahur maupun berbuka Anda.

Identik dengan kedelai

Jika ditarik ke akarnya tempe merupakan warisan leluhur. Tempe mengandung nilai tradisi yang harus dipertahankan dan dimajukan di tengah kemajuan industri kuliner yang pesat.

Baca Juga :  Louis Vuitton, Simbol Status Sosial dan Kemewahan

“Kita punya tempe sebagai warisan tradisi sejarah. Bukan hanya gizinya tapi juga mengetahui tradisi dan sejarah di baliknya,” imbuhnya.

Melihat sejarah awal tempe berarti melihat potensi kedelai di Indonesia. Menurut Fadly Rahman, sejarawan kuliner, selama ini tempe diasosiasikan dengan kedelai, budidaya kedelai yang begitu melimpah di Nusantara serta pemanfaatannya oleh masyarakat dari berbagai lapisan.

Kedelai masuk Nusantara berkat pengaruh dari Tionghoa. Bangsa Tionghoa dulu memperkenalkan kedelai kuning. Bahkan di masa kerajaan-kerajaan Nusantara masih berjaya, kedelai sudah dikenal lewat jejak teologis prasasti Watukura.

“(Disebut) ada sebuah produk tauku dari kedelai. Ini menarik, meski ada pengaruh Tionghoa, istilah kedelai bukan berasal dari kosakata Tionghoa. Kedelai dari kata ‘kadalai’, diadopsi dari kosakata Tamil,” jelas Fadly dalam kesempatan serupa.

Dalam istilah Tionghoa, lanjutnya, terdapat istilah ‘dao’ untuk kedelai. Masyarakat Tionghoa sendiri mengenal kedelai untuk membuat tauco sehingga ada istilah ‘dao tauco’.

Untuk produk tempe sebenarnya Georgius Everhardus Rumphius, ahli botani Jerman yang bekerja untuk VOC sempat menyinggung pangan yang mengarah ke pangan dari kedelai. Pangan ini dibuat oleh orang di Jawa khususnya Jawa Tengah.

“Kata tempe ini sendiri ada yang menyebut dari tumpi. Ada riset sejarawan Prancis, tempe ini dari kata tape dan tempayan. Tape kan fermentasi dari apa pun, kemudian kebiasaan membuat tempe dengan tempayan lalu diakronimkan,” katanya.

Tempe, pangan sekaligus proses

Jika selama ini Anda menganggap tempe hanya bisa dibuat dengan kedelai, tampaknya ini perlu dikoreksi. Ando mengatakan tempe bukan sekadar makanan. Istilah ‘tempe’ juga bisa menjadi kata kerja yakni ‘menempe’. Dari sini bisa dikatakan bahwa Anda bisa menempe dengan beragam bahan.

Salah satu pendiri gerakan Tempe Movement ini mengatakan hingga kini ada sebanyak 22 jenis kacang-kacangan di seluruh dunia yang bisa dijadikan tempe. Ini pun sudah diteliti. Namun dia meyakini masih ada bahan-bahan lain yang belum diteliti sehingga jumlahnya bisa jauh lebih banyak. Tak hanya biji-bijian, bunga (edible flower) pun bisa dibuat tempe.

Baca Juga :  Disukai Rasulullah SAW, Paha Kambing Ternyata Bagian Paling Sehat

“Tempe adalah proses fermentasi bahan dan ditingkatkan kandungan nutrisinya,” kata dia.

Apa sih yang terjadi saat menempe?

Ando melihat proses pembuatan tempe seperti mengasuh anak. Menempe tentu memerlukan ragi tempe yang diibaratkan ‘bayi-bayi’ jamur tempe.

Di awal proses, ‘bayi-bayi’ ini masih dalam kondisi tertidur. Saat menempe, bayi yang tertidur akan dibangunkan dan dirawat atau dibuat senang agar bisa tumbuh menjadi jamur tempe dewasa.

Jamur-jamur ini butuh makanan artinya kita perlu menyiapkan bahan fermentasinya, misal kedelai. Kedelai akan dikupas, direbus, dikeringkan dan didiamkan sebentar sebelum dicampur dengan ragi.

Campuran kedelai dan ragi pun dimasukkan ke dalam plastik atau dibungkus dengan daun. Supaya bisa ‘bernapas’, plastik diberi ‘jendela’.

“Untuk temperatur penyimpanan, suhu di Indonesia ini sempurna antara 27-32 derajat Celcius. Dalam waktu 24-72 jam, jamur perlahan tumbuh, padat, bahagia, jadi makanan sehat dan dimasak dengan beragam cara,” ucapnya.

Sebenarnya mau bungkus plastik atau daun, tempe sama-sama memberikan nutrisi yang baik buat tubuh. Namun Ando kerap menemukan komentar bahwa tempe bungkus daun rasanya lebih nikmat. Dia tidak memungkiri sebab memang terbukti bahwa ada zat kimia pada daun yang memberikan citarasa lebih alami, hijau, dan tidak dimiliki plastik.

Hal ini, lanjutnya, justru jadi ‘pekerjaan rumah’ buat Indonesia untuk terus mencari tahu. Itu baru tempe bungkus daun pisang, sedangkan masih ada daun-daun lain yang patut diteliti efeknya terhadap citarasa tempe.

“Ini adalah superfood. Tempe bukan alternatif, bukan substitusi,” ujar Fadly

Varian gorengan favorit

Salah satu olahan tempe yang paling banyak dibuat dan disukai adalah tempe goreng tepung. Dengan harga yang murah, gizi yang mumpuni, proses pembuatan yang praktis namun bisa menghasilkan rasa yang enak dan tekstur super renyah adalah kunci kenikmatan makan tempe goreng tepung.

Ini juga yang membuat banyak orang tak bisa berpaling dari gorengan tempe dibanding varian gorengan lain yang umumnya lebih padat, ‘gendut,’ dan tak terlalu renyah. Tempe tipis yang digoreng dengan minyak banyak sehingga teksturnya super renyah inilah yang banyak dirindukan ketika berbuka puasa.

Baca Juga :  Libur Lebaran Ada ‘Kuntilanak 3’

Kenyataan bahwa tempe mengandung nilai gizi yang tinggi, banyak pun jadi bertanya-tanya, bagaimana konsumsi tempe yang baik demi memperoleh nutrisinya?

Ando mengatakan tiap teknik masak bakal membawa sisi plus dan minus. Buatnya, cara terbaik adalah dengan membuat beragam tipe olahan tempe untuk dikonsumsi.

Tempe mentah

Ini jalan terbaik untuk mempertahankan semua nutrisi yang dimiliki tempe. Ando memberikan catatan, tempe bisa Anda konsumsi mentah jika produksi tempe bersih sejak dari awal. Tempe mentah masih mengandung bakteri baik, vitamin dan mineral utuh termasuk yang sensitif terhadap panas.

“Tapi bukan berarti yang dimasak lebih jelek daripada yang mentah,” imbuhnya.

Tempe goreng

Menu satu ini dianggap kurang sehat karena lemaknya tinggi. Ternyata, lanjutnya, tempe yang digoreng membuat kandungan proteinnya lebih gampang dicerna.

Tempe goreng bukan cuma bisa dibuat dengan cara membumbui tempe kemudian menggorengnya. Ada berbagai olahan tempe kreatif yang bisa dibuat. Misalnya, tempe goreng tepung, steak tempe, keripik tempe, rolade tempe, sampai bitterbalen tempe.

Tempe kukus

Proses mengukus membuat bahan pangan tidak terpapar panas ekstrem. Nutrisinya masih terbilang baik. Kemudian jika diolah dengan kuah, sebaiknya dikonsumsi bersama kuahnya sebab terdapat nutrisi yang turut bersama air kuah.

Resep tempe goreng tepung

Bahan:

1 papan tempe, iris mendatar tipis
70 gram Tepung terigu
25 gram Tepung beras
2 batang daun bawang, iris
Kaldu secukupnya
Air secukupnya
Minyak goreng

Catatan: Anda bisa mengganti kombinasi tepung terigu dan tepung beras dengan tepung bumbu siap pakai.

Cara membuat:

  1. Siapkan wadah, campurkan tepung terigu, tepung beras, kaldu bubuk, dan daun bawang ke dalamnya.
  2. Campurkan dengan air. Jaga konsistensinya agar tak terlalu kental atau cair. Pastikan tepung tak menggumpal.
  3. Panaskan minyak, kemudian ambil satu lembar tempe yang sudah diiris tipis kemudian masukkan ke dalam campuran tepung.
  4. Goreng tempe dengan minyak panas sampai berubah warna jadi kecokelatan. Angkat, tiriskan, sajikan.

(bpro)

 

Sumber: CNN Indonesia

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

Dishub Kota Tangerang Akui Belum Maksimal Tegakkan Perwal Jam Operasi Truk Tanah

8 Maret 2024 - 21:25 WIB

Mahasiswa Demo Dishub Kota Tangerang soal Operasional Truk Tanah

8 Maret 2024 - 15:16 WIB

Acara Sosialisasi Undian Gratis Berhadiah Dinsos Dianggap Tak Ramah Difabel

7 Maret 2024 - 20:38 WIB

Panduan Undian Berhadiah dan Pengumpulan Dana, Ini Aturan dan Syaratnya

7 Maret 2024 - 20:30 WIB

KPU Kota Tangerang Akhiri Drama Rekapitulasi Suara Pemilu 2024

7 Maret 2024 - 17:03 WIB

Samsat Kalong: Layanan Pajak Inovatif Selama Ramadan di Kota Tangerang

7 Maret 2024 - 15:53 WIB

Trending di Daerah