Pemkot Tangerang Hapus 260 Jabatan Eselon IV

bantenpro.id

bantenpro.id, Tangerang – Pemerintah Kota Tangerang akan menghapus 260 jabatan struktural eselon IV di sebagian besar organisasi perangkat daerah (OPD). Penghapusan jabatan struktural setingkat kepala seksi (kasi) dan kepala sub bagian (kasubbag) ini merupakan bentuk penyederhanaan birokrasi, sesuai kebijakan pemerintah pusat.

“Hasil rapat koordinasi di provinsi, untuk identifikasi penyederhanaan birokrasi di tingkat kabupaten/kota ada di level eselon IV,” kata Kepala Bagian Organisasi Pemerintah Kota Tangerang Syamsul Bahri kepada bantenpro.id, Senin (19/04/2021).

Untuk diketahui, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah menyurati pemerintah-pemerintah daerah untuk segera melakukan penyederhanaan birokrasi dengan mengalihfungsikan beberapa aparatur sipil negara (ASN) di level eselon III dan IV menjadi jabatan fungsional.

Sedangkan sejauh ini, Pemerintah Kota Tangerang baru jabatan eselon IV saja yang akan dihapus. Dari 1.057 jabatan eselon IV, sebanyak 260 jabatan akan dialihfungsikan ke jabatan fungsional. Jabatan ini berada di organisasi perangkat daerah yang bukan berbasis kewilayahan.

Sedangkan untuk organ yang berbasis wilayah seperti kecamatan, kelurahan, unit pelaksana teknis (UPT), tidak dilakukan penyederhanaan jabatan.

“Jabatan eselon IV yang berbasis kewilayahan tidak dilakukan penyederhanaan, seperti lurah, kepala seksi di kelurahan, kepala seksi dan kasubag di kecamatan, itu tidak. Termasuk yang ada di UPT,” ujarnya.

Syamsul mengatakan, 260 jabatan yang akan dialihfungsikan itu sewaktu-waktu masih bisa berubah karena masih ada beberapa OPD yang belum memiliki jabatan fungsional seperti Badan Perizinan, Dinas Perhubungan, Kesatuan Bangsa dan Politik, dan Satuan Polisi Pamong Praja.

“Secara klasifikasi eselon IV dan jabatan fungsional ini sama saja. Makanya ada wacana penyederhanaan birokrasi, karena pada intinya di level organisasi pemerintah daerah ini ingin dirampingkan agar strukturalnya tidak terlalu panjang dan dialihkan ke fungsional,” ucapnya. (mst/bpro)




Tinggalkan Balasan