Larangan Mudik Lebaran, Kota Tangerang Berlakukan SIKM

bantenpro.id

bantenpro.id, Tangerang – Larangan aktivitas mudik Lebaran membuat Pemerintah Kota Tangerang mengambil keputusan akan memberlakukan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM). Saat ini, Pemkot Tangerang sedang merumuskan aturan soal SIKM yang khusus akan diberlakukan pada 6-17 Mei 2021.

Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah mengatakan, SIKM ini berlaku untuk masyarakat yang hendak melintas ke atau dari Kota Tangerang.

“Iya, ini sedang dipersiapkan teman-teman di bagian pemerintahan,” kata Arief dikutip bantenpro.id dari kompas.com, Sabtu (24/04/2021).

Arief menegaskan, warga luar Kota Tangerang yang hendak memasuki kota tersebut wajib membawa SIKM nantinya. Begitu pula dengan warga Kota Tangerang yang bakal ke luar kota.

Namun, Arief menyatakan bahwa proses pembuatan SIKM hanya dikhususkan bagi segelintir orang yang dikecualikan dari larangan mudik.

“Sudah ada juklak (petunjuk pelaksanaan) dan juknisnya (petunjuk teknisnya) yang boleh mengajukan SIKM itu kategori yang dikecualikan,” papar politikus Partai Demokrat tersebut.

Meski demikian, Arief menduga nantinya akan ada lebih banyak warga di Kota Tangerang yang akan pulang kampung daripada warga yang akan memasuki Kota Tangerang.

“Kebanyakan kan dari warga Kota Tangerang yang keluar ya dari pada yang masuk,” tutur dia.

Oleh karena itu, dengan adanya larangan mudik Lebaran 2021 dan seluruh pembatasannya, Arief berujar bahwa warga yang akan ke luar Kota Tangerang dapat diantisipasi.

“Selama kendaraan transportasi dibatasi, mudahan-mudahan itu bisa diantisipasi karena pemerintah benar-benar pengin membatasi,” papar dia.

“Yang penting masyarakat sadar kalau enggak boleh mudik. Selama dikasih pemahaman yang jelas, mudah-mudahan tidak memaksakan diri untuk mudik,” sambung Arief. (bpro)

 

Sumber: Kompas




Tinggalkan Balasan