Sudah Dilarang Tapi Jalan Terus, Lebih dari 60% Pemudik Positif Covid-19

bantenpro.id

bantenpro.id – Sekalipun sudah ada larangan, sejumlah pemudik nekat pulang ke kampung halaman. Dari hasil tes Covid-19 secara acak, 60 persen lebih pemudik terkonfirmasi positif.

“Secara umum pengetatan yang dilakukan oleh Polri di 381 lokasi, dan operasi ketupat kemarin jumlah pemudik yang di-random testing dari 6.742 konfirmasi positifnya 4.123 orang,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, dalam siaran pers, Senin (10/05/2021).

“Dan dilakukan isolasi mandiri 1.686 orang dan dirawat 75 orang,” lanjut Airlangga yang juga Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN).

Airlangga juga memaparkan, sebanyak 113.694 kendaraan telah diputar balik dalam selama operasi ketupat. Dari angka tersebut, sebanyak 101.097 kendaraan diputar balik, sedangkan travel gelap yang terjaring sebanyak 346 kendaraan.

Ditegaskan juga oleh Airlangga, bahwa sesuai aturan PPKM (pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat) mikro, tempat-tempat wisata hanya boleh menampung 50 persen dari kapasitas maksimal dan dengan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Tempat wisata dilarang beroperasi sama sekali di zona merah-kuning.

“Kembali ditegaskan bahwa untuk antar wilayah aglomerasi tidak memerlukan surat izin perjalanan,” tegas Airlangga meluruskan simpang siur informasi. (bpro)

 




Tinggalkan Balasan