Terima 11 Pengaduan THR, Dua Masih Menggantung

bantenpro.id

bantenpro.id, Tangerang – Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Tangerang menerima 11 pengaduan persoalan Tunjangan Hari Raya (THR) pada Idul Fitri 2021. Hampir seluruh pengaduan itu akhirnya diselesaikan dengan perundingan dan tercapai kesepakatan.

Sampai hari ini, tinggal dua pengaduan yang belum tuntas. Sementara lainnya diselesaikan dengan kesepakatan pembayaran THR dilakukan dengan cara dicicil.

Dari 11 pengaduan yang masuk, tidak ada yang dilakukan proses mediasi sampai ke Dewan Pengawas Disnaker Provinsi Banten.

“Ada 11 pengaduan yang sudah masuk. Beragam penyelesaiannya, sebagian diselesaikan dengan bipartit atau pun ada kesepakatan langsung dengan karyawan,” ujar Kepala Bidang Hubungan Industrial Disnaker Kota Tangerang Asep Rahmat, Senin (24/05/2021).

Untuk pengaduan yang telah selesai, diselesaikan dengan beragam kesepakatan antara masing- masing perusahaan dan karyawannya. Ada yang akhirnya dibayarkan 100 persen, ada juga yang 50 persen, dan ada 5 kali dicicil.

“Tapi mereka sudah bikin surat kesepakatan kedua belah pihak,” ujarnya.

Adapun untuk 2 pengaduan lagi yang masih menggantung saat ini belum menemukan kesepakatan antara karyawan dan perusahaan.

“Sebagian lagi masih di musyawarahkan, kalau nggak salah ada dua lagi. Kalau perusahaan-perusahaan besar malah sudah selesai walaupun tidak seratus persen dibayar, dicicil bertahap,” katanya.

Pengaduan-pengaduan THR itu masuk ke Posko Pengaduan yang dibuka Disnaker Kota Tangerang sejak 19 April 2021 sampai 10 Mei 2021. Kata Asep, terjadi lonjakan pengaduan saat mendekati Hari Raya Idul Fitri. Namun, mampu diselesaikan sebelum hari raya tiba.

Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, di tahun 2021 ini terjadi peningkatan pengaduan masalah THR.

“Kalau dibanding tahun kemarin, tahun ini lebih banyak. Intinya mah karena pandemi aja, makanya banyak perusahaan yang terdampak,” kata Asep. (mst/bpro)




Tinggalkan Balasan