Januari-Mei, 74.703 WNA Masuk ke Indonesia

bantenpro.id

bantenpro.id, Tangerang – Sejak Januari hingga Mei 2021, ada  sebanyak 148.642 pergerakan Warga Negara Asing (WNA) yang keluar-masuk Indonesia melalui Bandara Internasional Soekarno – Hatta. Dari jumlah tersebut, teridentifikasi sebanyak 74.703 WNA masuk ke Indonesia dalam kurun 5 bulan.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Bandara Soekarno-Hatta Rommy Yudianto mengatakan, dari sejumlah WNA yang masuk didominasi oleh WNA Cina, Amerika Serikat, Korea, dan Jepang.

“Perlu diinformasikan bahwa WNA yang masuk itu berimbang. Antara Cina, Korea, Jepang maupun Amerika. Menurut data kami rata-rata semua sama. Jadi bukan bukan warga negara asal Cina saja yang banyak,” kata Rommy

Dia merinci, 5 warga negara teratas pelintas masuk ke Indonesia via Bandara Internasional Soekarno-Hatta antara lain Cina 20.057 orang, Jepang 7.713 orang, Korea 6.426 orang, India 3.464 orang dan Amerika 3.229 orang.

Para warga asing yang datang ke Indonesia ini memiliki tujuan dan kepentingannya berbeda. Ada yang karena pekerjaan, kegiatan kemanusiaan maupun urusan medis.

Sementara, sejak Januari hingga Mei 2021 ada 70 WNA yang dideportasi karena tidak dapat memenuhi persyaratan dari Imigrasi.

“Seperti contoh warga negara Inggris ada dua orang yang melakukan pelanggaran kekarantinaan,” katanya. (mst/bpro)




Tinggalkan Balasan