Rp4,8 Miliar untuk Tanggul Cegah Banjir di Periuk

bantenpro.id

bantenpro.id, Tangerang – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Tangerang membangun tanggul di sisi Kali Ledug, Kecamatan Periuk, Kota Tangerang. Pembangunan tanggul bertujuan mencegah luapan kali yang selama ini kerap menyebabkan banjir.

Kepala Bidang Tata Air DPUPR Kota Tangerang Mursiman mengatakan ada dua titik lokasi pembangunan tanggul di Kali Ledug tersebut.

“Ada dua yang sedang dibangun, satu titik di RW 25 sampai Situ Bulakan sepanjang 500 meter dan yang kedua di Jembatan Alamanda sepanjang 200 meter,” ujar Mursiman kepada bantenpro.id, Jumat (28/05/2021).

Dana yang digunakan untuk membangun tanggul itu berasal dari APBD Kota Tangerang tahun 2021. Nilainya mencapai Rp4,8 miliar.

Mursiman menuturkan, masing-masing tanggul yang dibuat menggunakan konstruksi sedikit berbeda.

“Kalau yang di lokasi RW 25 menggunakan pondasi tanah, lalu dipakai bronjong dan dilapis beton. Sedangkan yang dititik lokasi Jembatan Alamanda itu tidak dilapis tanah, tapi langsung menggunakan bronjong dan langsung dibeton,” jelasnya.

Kondisi eksisting sisi kiri Kali Ledug sebelumnya telah dibangun tanggul berbahan fiber pada beberapa tahun lalu. Tetapi, tanggul tersebut sempat mengalami kebocoran.

“Itu sudah ada antisipasinya untuk memperbaiki yang bocor itu. Kalau yang bocor itu kelihatannya waktu banjir datang sih biasanya,” ujarnya. (mst/bpro)




Tinggalkan Balasan