Menu

Mode Gelap

Nasional · 17 Agu 2023 12:19 WIB

Tips Perencanaan Keuangan ala Astra Life Agar Bisa Merdeka Finansial


 Tips Perencanaan Keuangan ala Astra Life Agar Bisa Merdeka Finansial Perbesar

bantenpro.id – Perayaan Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia menjadi momen yang meriah. Tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa sebagian besar masyarakat, terutama generasi sandwich, masih merasakan perjuangan dalam meraih kemerdekaan finansial.

Hasil survei terbaru dari Katadata Insight Center dan Astra Life pada September 2021 mengungkapkan fakta mengejutkan. Dari 1.828 responden usia 25-45 tahun yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia, 48,7% di antaranya adalah generasi sandwich dengan tanggungan finansial atas keluarga mereka.

Namun, hanya 13,4% dari generasi sandwich ini yang memiliki kesiapan finansial untuk menghadapi pengeluaran pokok, menabung, dan berinvestasi.

Menanggapi hal ini, Marketing, Alternate & Direct Business Group Head Astra Life Windy Riswantyo menyampaikan, “Pada usia produktif, kebutuhan finansial beragam dan bertujuan baik jangka pendek, menengah, maupun jangka panjang. Oleh karena itu, kami ingin berbagi empat tips agar kita dapat meraih ketahanan finansial dalam semangat perayaan HUT ke-78 Republik Indonesia ini.”

Berikut tips perencanaan keuangan ala Astra Life:

1. Jangan Hidup dari Gaji ke Gaji

Rumus dasar dalam mengelola uang adalah pastikan pendapatan lebih besar daripada pengeluaran. Jadi, bijaklah dalam mengatur anggaran dan alokasikan pendapatanmu dengan cerdas. Sebaiknya alokasikan gaji dengan perbandingan sekitar 30% – 50% untuk biaya hidup, maksimal 30% untuk hutang, minimal 10% untuk tabungan dan investasi, serta 10% untuk proteksi. Kalau pendapatan dan pengeluaran hampir setara, pertimbangkan untuk meningkatkan skill atau mencari penghasilan tambahan.

Baca Juga :  Astra Life Luncurkan AVA Group Medical Protection: Asuransi Kesehatan Terjangkau untuk Karyawan

2. Sisihkan Bukan Sisakan

Prioritaskan kebutuhan untuk menghindari ‘bocor halus’ dalam keuanganmu. Misalnya, kebiasaan ngopi tiap hari, biaya parkir, atau mampir ke supermarket dan akhirnya pulang membawa lebih banyak barang dari yang direncanakan. FOMO atau rasa takut ketinggalan juga bisa memicu pengeluaran berlebihan, misalnya ingin terus ikutan festival musik atau beli smartphone terbaru. Ingatlah untuk fomo dengan bijak dan sesuai dengan prioritasmu.

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

Mudik Gratis Kemenhub 2024: Pendaftaran Jalur Darat Dibuka 5 Maret

2 Maret 2024 - 01:56 WIB

Pangkat Bintang Empat di Pundaknya, Prabowo Bilang: Kayaknya Berat, Ya

28 Februari 2024 - 11:30 WIB

Prabowo Subianto Terima Kenaikan Pangkat Istimewa dari Presiden Jokowi

28 Februari 2024 - 10:56 WIB

Tito Karnavian Ungkap Kinerja Selama Menjabat Sebagai Plt. Menko Polhukam

21 Februari 2024 - 23:19 WIB

AHY Jadi Menteri ATR, Hadi Menko Polhukam

21 Februari 2024 - 17:34 WIB

8 Potensi Kecurangan dalam E-Katalog

10 Februari 2024 - 13:11 WIB

Trending di Nasional