Menu

Mode Gelap

Nasional · 21 Feb 2024 23:19 WIB

Tito Karnavian Ungkap Kinerja Selama Menjabat Sebagai Plt. Menko Polhukam


 Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. (Foto: Antara) Perbesar

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. (Foto: Antara)

bantenpro.id – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengungkapkan capaian kinerjanya selama menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) selama 19 hari terakhir. Dalam jumpa pers yang digelar setelah upacara serah terima jabatan di Kantor Kemenko Polhukam RI, Jakarta, Rabu (22/02/2024), Tito menekankan fokus kerjanya pada persiapan dan pelaksanaan Pemilu 2024.

Tito menjelaskan bahwa selama 19 hari menjabat sebagai Pelaksana Tugas Menko Polhukam, semua energi dan perhatian timnya difokuskan untuk memastikan kelancaran dan keamanan pelaksanaan Pemilu 2024 di Indonesia. Upaya tersebut mencakup pendampingan terhadap penyelenggara pemilu dan pengawas pemilu guna menjamin jalannya pesta demokrasi lima tahunan tanpa kendala.

“Semua energi kami fokus saja pada satu, yaitu membantu para penyelenggara pemilu dan pengawas pemilu untuk mengamankan dan melancarkan jalannya pemilu,” ujar Tito.

Pada tanggal 2 Februari 2024, Presiden RI Joko Widodo menandatangani keputusan presiden (keppres) yang menunjuk Tito Karnavian sebagai Plt Menko Polhukam menggantikan Mahfud Md yang telah mengundurkan diri. Tito mulai aktif menjalankan tugasnya pada tanggal 3 Februari 2024.

Tito menjelaskan bahwa peran Kemenko Polhukam bukanlah mengambil alih fungsi penyelenggara pemilu, tetapi lebih kepada pemantauan dan memberikan bantuan apabila terdapat kendala atau persoalan. Dalam rangka mendukung kelancaran pemilu, Kemenko Polhukam membentuk lima tim pemantau di luar negeri dan 18 tim di dalam negeri.

Baca Juga :  Ratusan Bacaleg di Tangerang Gagal Lolos Verifikasi

“Ada 166 negara tempat WNI memilih, tetapi kami fokus pada beberapa negara penting seperti Malaysia, Singapura, Taiwan, Hong Kong, Arab Saudi, dan Australia,” ungkap Tito.

Tito menegaskan bahwa tim pemantau Kemenko Polhukam juga turut membantu penyelenggara pemilu dalam mengatasi berbagai tantangan, termasuk pemungutan suara di tengah bencana dan masalah keamanan di beberapa daerah, seperti Papua Pegunungan di Intan Jaya, Puncak Jaya, dan Paniai.

“Dukungan kami juga mencakup daerah pulau yang berombak besar, dibantu oleh teman-teman dari TNI AL,” tambahnya.

Meskipun menghadapi beberapa tantangan, Tito menilai bahwa pemungutan suara pada Pemilu 2024 berjalan relatif aman dan lancar.

“Alhamdulillah, pemilu berjalan relatif aman, lancar, dan kemudian ya ini dilaksanakan the biggest one-day-election in the world ya, pemilu terbesar satu hari di seluruh dunia,” ucapnya.

Pada hari yang sama, Presiden Joko Widodo melantik Marsekal TNI Purnawirawan Hadi Tjahjanto sebagai Menko Polhukam definitif. Sementara itu, jabatan Tito sebagai Plt Menko Polhukam resmi diserahterimakan kepada Hadi di Kantor Kemenko Polhukam RI. Adapun jabatan lama Hadi sebagai Menteri ATR/BPN diisi oleh Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), yang juga dilantik oleh Presiden Jokowi pada hari yang sama. (rian)

Artikel ini telah dibaca 12 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

Mudik Gratis Kemenhub 2024: Pendaftaran Jalur Darat Dibuka 5 Maret

2 Maret 2024 - 01:56 WIB

Pangkat Bintang Empat di Pundaknya, Prabowo Bilang: Kayaknya Berat, Ya

28 Februari 2024 - 11:30 WIB

Prabowo Subianto Terima Kenaikan Pangkat Istimewa dari Presiden Jokowi

28 Februari 2024 - 10:56 WIB

AHY Jadi Menteri ATR, Hadi Menko Polhukam

21 Februari 2024 - 17:34 WIB

8 Potensi Kecurangan dalam E-Katalog

10 Februari 2024 - 13:11 WIB

Astra Life Luncurkan AVA Group Medical Protection: Asuransi Kesehatan Terjangkau untuk Karyawan

12 September 2023 - 23:37 WIB

Trending di Nasional