Menu

Mode Gelap

Daerah · 24 Jan 2021 17:18 WIB

Sudah Divaksin Masih Bisa Positif Covid-19, Ini Penyebabnya


 Sudah Divaksin Masih Bisa Positif Covid-19, Ini Penyebabnya Perbesar

bantenpro.id, Jakarta – Belakangan, kejadian orang dinyatakan positif Covid-19 usai beberapa hari disuntik vaksin corona ramai diperbincangkan. Kondisi ini tak hanya terjadi di Indonesia seperti yang dialami Bupati Sleman Sri Purnomo, tetapi kasus ini juga terjadi di luar negeri.

Ketua Pokja Infeksi Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PP PDPI), dr Erlina Burhan, mencontohkan sebanyak 240 warga Israel yang sudah disuntik vaksin Corona juga dinyatakan positif Covid-19 pada 3 Januari 2020.

“Setelah divaksin ada individu yang terinfeksi virus dari Covid-19, salah satu yang ditimbulkan pada 3 Januari adalah 240 warga Israel positif COVID-19,” kata dokter Erlina dalam konferensi pers Kementerian Kesehatan RI, dikutip bantenpro.id dari detikcom, Minggu (24/01/2021).

Menurut dokter Erlina, ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab seseorang bisa terkena Covid-19 meski baru beberapa hari disuntik vaksin corona. Salah satunya adalah karena mereka sudah terpapar virus pada beberapa hari sebelum divaksin.

Apalagi, kata dokter Erlina, kekebalan tubuh terhadap Covid-19 tidak bisa langsung terbentuk setelah divaksin. Misalnya, pada vaksin Corona buatan Pfizer-BioNTech, kekebalan tubuh baru bisa terbentuk 12 hari setelah disuntik vaksin.

“Timeline dari Pfizer, jadi hari pertama setelah dosis pertama disuntikkan, maka imunitas atau kekebalan itu akan terbentuk pada hari ke-12,” ucap dr Erlina.

“Kemudian hari ke-21 dosis kedua (vaksin), akan diperiksa jumlah antibodinya, maka akan dikatakan dicapai imunitas yang penuh pada hari ke-28,” tambahnya.

Baca Juga :  Ibu Hamil Disuntik Sinovac Mulai 19 Agustus 2021

Maka dari itu, menurut dr Erlina, bisa saja orang-orang tersebut sudah terinfeksi virus atau sedang dalam masa inkubasi saat menerima vaksin anticovid-19, sehingga mereka dinyatakan positif Covid-19 usai divaksin.

Dokter Erlina menjelaskan, apabila kekebalan tubuh sudah terbentuk usai divaksin, namun tetap terkena Covid-19 maka gejalanya tidak akan parah.

“Memang risiko terjangkit Covid-19 ini akan tetap ada setelah diberikan vaksin, namun risikonya akan lebih rendah. Kalau pun terjangkit, gejala klinisnya juga ringan,” ujarnya.

Contohnya, pada 25 relawan uji klinis vaksin corona Sinovac di Bandung yang dinyatakan positif Covid-19. Dari 25 relawan tersebut, 7 di antaranya adalah penerima vaksin corona, sementara 18 lainnya disuntik plasebo, bukan vaksin.

Ketua Riset Uji Klinis Vaksin Corona Prof Kusnadi Rusmil mengatakan, 7 relawan penerima vaksin tersebut yang dinyatakan positif Covid-19 hanya mengalami gejala ringan.

“Dari yang 7 dapat vaksin itu semua ringan, kalau kita bagi level beratnya 1, 2, 3, dan 4. Nah, ini level 1 dan level 2, kebanyakan level 1, jadi nggak ada yang berat,” jelas Prof Kusnadi dalam kesempatan yang sama. (bpro)

 

Sumber: detikcom

 

 

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Jurnalis

Baca Lainnya

Dishub Kota Tangerang Akui Belum Maksimal Tegakkan Perwal Jam Operasi Truk Tanah

8 Maret 2024 - 21:25 WIB

Mahasiswa Demo Dishub Kota Tangerang soal Operasional Truk Tanah

8 Maret 2024 - 15:16 WIB

Acara Sosialisasi Undian Gratis Berhadiah Dinsos Dianggap Tak Ramah Difabel

7 Maret 2024 - 20:38 WIB

Panduan Undian Berhadiah dan Pengumpulan Dana, Ini Aturan dan Syaratnya

7 Maret 2024 - 20:30 WIB

KPU Kota Tangerang Akhiri Drama Rekapitulasi Suara Pemilu 2024

7 Maret 2024 - 17:03 WIB

Samsat Kalong: Layanan Pajak Inovatif Selama Ramadan di Kota Tangerang

7 Maret 2024 - 15:53 WIB

Trending di Daerah